LIVE: Keterangan Pers Presiden RI Terkait Undang-Undang Cipta Kerja, Istana Bogor, 9 Oktober 2020

*Presiden: UU Cipta Kerja untuk Reformasi Struktural dan Percepat Transformasi Ekonomi*
Presiden Joko Widodo pagi tadi memimpin rapat terbatas bersama jajarannya untuk membahas Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Presiden menegaskan bahwa secara umum UU Cipta Kerja bertujuan untuk melakukan reformasi struktural dan mempercepat transformasi ekonomi.
"Pagi tadi saya telah memimpin rapat terbatas secara virtual tentang Undang-Undang Cipta Kerja bersama jajaran pemerintah dan para gubernur. Dalam Undang-Undang tersebut terdapat 11 klaster yang secara umum bertujuan untuk melakukan reformasi struktural dan mempercepat transformasi ekonomi," kata Presiden dalam keterangan resmi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, 9 Oktober 2020.
Adapun kesebelas klaster tersebut yaitu urusan penyederhanaan perizinan, urusan persyaratan investasi, urusan ketenagakerjaan, urusan pengadaan lahan, urusan kemudahan berusaha, urusan dukungan riset dan inovasi, urusan administrasi pemerintahan, urusan pengeaan sanksi, urusan kemudahan, pemberdayaan, dan perlindungan UMKM, urusan investasi dan proyek pemerintah, serta urusan kawasan ekonomi.
Kepala Negara juga menjelaskan bahwa UU Cipta Kerja disusun untuk memenuhi kebutuhan atas lapangan kerja baru yang sangat mendesak. Menurutnya, setiap tahun ada sekitar 2,9 juta penduduk usia kerja baru yang masuk ke pasar kerja. Apalagi di tengah pandemi, terdapat kurang lebih 6,9 juta pengangguran dan 3,5 juta pekerja terdampak pandemi Covid-19.
"Sebanyak 87 persen dari total penduduk bekerja, memiliki tingkat pendidikan setingkat SMA ke bawah, di mana 39 persen berpendidikan sekolah dasar, sehingga perlu mendorong penciptaan lapangan kerja baru, khususnya di sektor padat karya. Jadi UU Cipta Kerja bertujuan untuk menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya bagi para pencari kerja serta pengangguran," jelasnya.
Namun demikian, Presiden melihat adanya unjuk rasa penolakan UU Cipta Kerja, yang pada dasarnya dilatarbelakangi oleh disinformasi mengenai substansi dari undang-undang ini dan hoaks di media sosial. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini Kepala Negara hendak meluruskan beberapa disinformasi tersebut.
Presiden mengambil contoh adanya informasi yang menyebutkan tentang penghapusan UMP (Upah Minimum Provinsi), UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota), dan UMSP (Upah Minimum Sektoral Provinsi).
"Hal ini tidak benar, karena faktanya adalah Upah Minimum Regional (UMR) tetap ada," tegas Presiden.
Selain itu, ada juga kabar yang menyebutkan bahwa upah minimum dihitung per jam. Dengan tegas Presiden menyatakan bahwa hal tersebut juga tidak benar.
"Tidak ada perubahan dengan sistem yang sekarang, upah bisa dihitung berdasarkan waktu dan berdasarkan hasil," imbuhnya.
Demikian juga dengan kabar yang menyebutkan bahwa semua cuti, baik cuti sakit, cuti kawinan, cuti khitanan, cuti baptis, cuti kematian, cuti melahirkan, dihapus dan tidak ada kompensasinya. Presiden sekali lagi menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar dan menyatakan bahwa hak cuti tetap ada.
"Kemudian apakah perusahaan bisa mem-PHK kapan pun secara sepihak? Tidak benar. Yang benar, perusahaan tidak bisa mem-PHK secara sepihak. Kemudian juga pertanyaan mengenai benarkah jaminan sosial dan kesejahteraan lainnya hilang? Yang benar adalah jaminan sosial tetap ada," paparnya.
Di samping itu, Presiden juga menepis kabar bahwa UU Cipta Kerja ini mendorong komersialisasi pendidikan. Menurutnya, yang diatur dalam klaster pendidikan UU Cipta Kerja hanyalah pendidikan formal di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
"Sedangkan, perizinan pendidikan tidak diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja ini, apalagi perizinan untuk pendidikan di pesantren, itu tidak diatur sama sekali dalam Undang-Undang (Cipta Kerja) ini, dan aturan yang selama ini ada tetap berlaku," tegasnya.
Adapun terkait keberadaan bank tanah, Kepala Negara menjelaskan bahwa bank tanah tersebut diperlukan untuk menjamin kepentingan umum, kepentingan sosial, kepentingan pembangunan nasional, pemerataan ekonomi, dan konsolidasi lahan, serta reforma agraria.
"Ini sangat penting untuk menjamin akses masyarakat terhadap kepemilikan tanah, dan kita selama ini tidak memiliki bank tanah," tandasnya.

Bogor, 9 Oktober 2020
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Website: www.presidenri.go.id
IDplayer: Sekretariat Presiden

Komentar 

  1. EC KO

    EC KO

    9 jam yang lalu

    Pak jokowi emang hebat super hebat.🤣🤣🤣

  2. shiren nashiroh

    shiren nashiroh

    21 jam yang lalu

    Kepada yth bapak presiden ku banyak yang terdampak pandemi pada buruh karyawan/karyawati yang di rumahkan ini semua bukan kehendak buruh pak namun itu semua karena keadaan, ribuan buruh berharap bisa dapat berpenghasilan kembali jika keadaan sudah normal kembali .#salam hangat pak presiden ku tercinta dari rakyat kecil mu.

  3. melayang kita

    melayang kita

    Hari Yang lalu

    omongan nggak guna, 100% nggak bisa di percaya.

  4. Mas Roni Official

    Mas Roni Official

    2 hari yang lalu

    Sah kan UU Cipta Kerja 💪💪

  5. Kh. Muammar

    Kh. Muammar

    2 hari yang lalu

    Ooooooh Perkerja china yaa Goblok

  6. faras hasna faras

    faras hasna faras

    2 hari yang lalu

    Luar biasa, kami sungguh kagum atas kesungguhan Bapak Presiden untuk menciptakan Indonesia semakin maju. Namun yang menjadi ragu, justru terletak pada implementasi nya, karena melihat fenomena dilapangan terjadi sebaliknya... Sebaik apapun UU, PP, PERPRES, PERMEN, kalau tidak diikuti oleh Birokrasi yang baik tidak ada artinya apa apa ? Contoh yang nyata.. Tanah ex. Belanda perseorangan yang telah kami kuasai dan tempati terus menerus tanpa terputus hampir satu abad, dengan dikawal secara ketat melalui UU, PP, PERMEN, telah tegas jaminan hukumnya... Saya sudah berusaha berpuluh puluh tahun, dengan dukungan dokumen, fakta, data, yang akuratpun.. masih saja dihambat, justru diputar balikkan.. ITU NYATA DAN RIIL.. Maka dalam kesempatan ini kami mohon kepada Bapak Presiden, mohon berkenan dibongkar dan diurai kebenarannya... Agar kami mempunyai keyakinan atas kesungguhan Bapak, dalam pengetrapan ...NYA karena itulah selama ini yang terjadi, manakala Birokrasi yang memble, tetap tidak ada arti apa apa tentang UMNIBUS LAW, yang baik itu.. Salam SUBAGYO Mh. Thamrin 71 Bojonegoro

  7. INDRA CEKWAN

    INDRA CEKWAN

    3 hari yang lalu

    Bkin uu buat para koruptor pk,itu bru luar biasa...👍

  8. Qla Cute Cat AE

    Qla Cute Cat AE

    3 hari yang lalu

    KALAU BOLEH NANYA APA TIDAK BISA UU CIPTA KERJA ITU DI COPY N DIEDARKAN SEBAGAI BUKTI NYATA. BIAR SEMUA LEBIH JELAS N RAKYAT G TERTANYA2 LAGI TENTANG KEBENARANNYA. KLU SUDAH BEREDAR N MASIH AJA ADA YG DEMO. TANYAKAN YG DI DEMOKAN ITU PART MANA. PART DSURUH DEMO KRN DGAJI ATO PART DITUNGGANGI POLITIK.🤦‍♀️

  9. Rynsky Daylight

    Rynsky Daylight

    3 hari yang lalu

    RUU ttg korupsi nya mana pak, harus adil dong

  10. gobloku metu gobloku metu

    gobloku metu gobloku metu

    3 hari yang lalu

    Waalaikum salam pak sy punya kupedes bri masa ga dpt umkm pak

  11. Win Arto

    Win Arto

    3 hari yang lalu

    Ipda maruf amin,se

  12. Zap Bar

    Zap Bar

    3 hari yang lalu

    Mending ngevlog aja di subcribe sama rakyat, duit ads-nya buat nutupin hutang nambahin anggaran jangan kalah ama artis

  13. Indrayati Lestari

    Indrayati Lestari

    3 hari yang lalu

    Semua niat baik pemerintah harus didukung, yang suka demo bikin kerusuhan dan kerusakan harus ditindak

  14. Iban Salda

    Iban Salda

    3 hari yang lalu

    Bingung.. Kalo Semua Hoax.. Jadi kenapa pake acara mute2 mic pas rapat DPR.. kan bisa didebat... Gakk puan gak pakde.. Sama2 membingungkan

  15. ujak ari

    ujak ari

    3 hari yang lalu

    Roda kehidupan berputar. Dilihat aja azab Tuhan untuk jokowi. Balasan Tuhan untuk perusak tatanan hidup buruh. Yg dibela jokowi para pengusaha. Lihat laknat Tuhsn untuk jokowi.

  16. rifwan hamidigame

    rifwan hamidigame

    3 hari yang lalu

    COTTTTTTTTTTTT

  17. Musik Lirik Terjemahan Indonesia

    Musik Lirik Terjemahan Indonesia

    4 hari yang lalu

    Belajar bahasa inggir lewat lagu mampir channel gw!!

  18. Kutu Nyari buku

    Kutu Nyari buku

    4 hari yang lalu

    bapak memang jago soal cari muka sama rakyat... selfi sama artis....kezoliman bapak sangat terasa ... AllaH maha tau apa yg bapak rencanakan dan yg di lakukan ...

  19. Rahmat Zikri 1

    Rahmat Zikri 1

    4 hari yang lalu

    Maka dari itu pemerintah harus terbuka dan memberi akses terkait halaman UUD Omnibus Law.. jika yg ada skrg ini banyak yg tumpang tindih,, wajar rakyat kontra pak🙏🙏🙏 terimakasih

  20. Kim Gongju

    Kim Gongju

    4 hari yang lalu

    Buat yg comment koruptor hukum mati, rada susah sih, kenapa? Gini yah, Al kisah, tikus berdasi mencuri diladang dan rumah petani, suatu hari, ia ketahuan oleh petani, petani menangkap tikus berdasi dan memberinya ke anjing agar diberantas, namun, si anjing diam diam merawat tikus berdasi dan membantu menjaganya ketika mencuri dari petani, dengan mengibaskan ekornya, si anjing berharap, si tikus berdasi akan memberikan sedikit hasil curiannya agar ia bisa makan lebih banyak dari pada yang diberi petani, si tikus berdasi dan anjing tersebut pun hidup bahagia dengan saling bahu membahu mencuri dari petani~ End~ Gtu deh guys, miris (T‿T)

  21. ujak ari

    ujak ari

    4 hari yang lalu

    Pak jokowi menjadi manusia jahat dan hati nya kejam. Azab Tuhan untuk mu

  22. Betrixpoli Poli

    Betrixpoli Poli

    4 hari yang lalu

    Maju terus Pak Presiden dan Pak Prabowo..saya sebagai Rakyat Indonesia, sepenuhnya mendukung semua kebijakan Pemerintah dan langkah2 Pak Prabowo dalam pembelian Alutsista TNI,tuk menjaga kedaulatan NKRI..👍👍

  23. M Rizki Santoso

    M Rizki Santoso

    4 hari yang lalu

    Jadi permuda pembuat pt agar banyak yang bayar pajak

  24. Aden Musha

    Aden Musha

    4 hari yang lalu

    Oooh

  25. Maton Gobel

    Maton Gobel

    4 hari yang lalu

    Dri jaman bahela sampe saat ini mna ad pmrinth di sanjung awal n doang hmmm pasti ujung ny di hina pd bissa bacot doang

  26. BAHRUL

    BAHRUL

    4 hari yang lalu

    Mantap , pak presiden

  27. yaya yeye

    yaya yeye

    4 hari yang lalu

    I love my presiden RI ❤️😭😭😭

    • Theo Septi

      Theo Septi

      2 hari yang lalu

      Kalo stress jgn nular k org lain

  28. LisaGlobal Futsal

    LisaGlobal Futsal

    4 hari yang lalu

    Ruu paok

  29. Amyo Mida

    Amyo Mida

    4 hari yang lalu

    Banyak orang pikiranya negativ sama pemerintah jokowi,kurang apa pa jokowii broow sertifikat tanah di kasih gratis listrik gratis ,, Jalan jalan sekarang mulus total ,kaga kaya jaman dulu,jalan desa kaya kolam ikan ,maju teruss pak jokowiku

  30. de javu

    de javu

    4 hari yang lalu

    90% msyarakat indonesia timur, mendukungmu pak presiden.

  31. Nunu Arya

    Nunu Arya

    4 hari yang lalu

    Pemerintahan omongan'y kaya tukang obat yg suka bawa ular buat sulap😂

  32. joe permana

    joe permana

    4 hari yang lalu

    49 rbu likes : 15 rbu dislike Tetep ngeyel mau nolak kalian...

  33. Muhamad 1703

    Muhamad 1703

    4 hari yang lalu

    Masalah nya kenapa uang pesangon dan uang jasa karywan di hapus

  34. Asep Irwan

    Asep Irwan

    4 hari yang lalu

    Kecepatan 1,25 😂

  35. Cah Kecis Official

    Cah Kecis Official

    4 hari yang lalu

    terima kasih pak sudah meluruskan kesalahpahaman yg sudah terjadi🙏

  36. TrendQuran Family

    TrendQuran Family

    4 hari yang lalu

    Beli Qur'an ditemani adik Yg cinta Qur'an kasi like! Ini hanya pantun.... Tujuan utama kami membumikan Al-Quran agar muslim semakin muslim... Dukung kami jadi channel sedekah cukup dengan subkrib sj.

  37. ptno rhs

    ptno rhs

    4 hari yang lalu

    Pada Mei 2019, anggota Dewan Legislatif Minnesota dan Senat, mengirim surat resmi ke Asosiasi Medis Minnesota (MMA) yang menyatakan keprihatinannya atas panen organ secara paksa di Tiongkok. Surat-surat dari Dewan Perwakilan dan Senat Minnesota yang ditulis oleh Perwakilan Nels Pierson (R-Stewartville) dan Senator Jim Abeler (R-Anoka), dan ditandatangani oleh 77 anggota Legislatif dan Senat, dua di antaranya adalah dokter praktik. Kedua surat itu mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap warga Minnesota yang mendapatkan organ tidak etis dari negara-negara seperti Tiongkok dan seperti disebutkan di dalamnya, “…tenaga medis asal Tiongkok yang dilatih di Minnesota, ada kemungkinan membantu panen organ secara paksa.” MMA adalah organisasi nirlaba yang mewakili dokter Minnesota, masyarakat, dan siswa kedokteran. Dari pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah Minnesota: “Kita membutuhkan sebuah rencana dan panduan untuk mencegah siapa saja yang mendapatkan keuntungan dari praktek mengerikan ini di Tiongkok,” ucap Sen. Abeler (R-Anoka). “Sangat krusial bagi kami untuk terus mengutuk panen organ dan mencegah warga kami mendapatkan keuntungan atas kejahatan terhadap kemanusiaan ini. Senator Carolyn Laine (DFL-Columbia Heights) menyatakan, “Panen organ ini merupakan pelanggaran HAM yang serius dan kita semua perlu bersuara menentang praktek ini.” Dewan Legislatif Minnesota terus berfokus pada masalah penganiayaan dan panen organ dari praktisi Falun Gong sejak tahun 2014. Tahun itu, para anggota Legislatif Minnesota menulis surat kepada Departemen Kesehatan Minnesota dan Kantor Pendidikan Tinggi Minnesota, yang menanyakan adanya potensi kolaborasi antara Tiongkok dan Minnesota mengenai transplantasi organ. Pada Mei 2016, Senat Minnesota dengan suara bulat mengeluarkan resolusi Senat SF 2090, yang menyerukan agar “Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok dengan segera mengakhiri praktik panen organ dari semua tahanan juga tahanan hati nurani, dan secara khusus dari tahanan hati nurani Falun Gong, dan kelompok-kelompok agama serta etnis minoritas lainnya.” Pada tahun 2018, lebih dari 100 anggota legislatif menandatangani surat terbuka kepada presiden Tiongkok, Xi Jinping, untuk mendesak diakhirinya penganiayaan Falun Gong di Tiongkok. Resolusi mengenai penganiayaan Falun Gong juga diperkenalkan di Rapat Legislatif Minnesota ke-91 (2019-2020). SF 2014 di Senat dan HF 2500 di Dewan Legislatif saat ini mendapat dukungan besar dari para senator dan legislatif Minnesota. Di bawah ini Konferensi Pers dari para Legislatif Minnesota. (ST. PAUL, MN) - Panen organ secara paksa adalah mengambil organ dari manusia yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal tanpa izin. Hal ini menjadi praktek yang berkembang pesat di Tiongkok. Pemerintah Tiongkok telah memanfaatkan populasi penjara mereka, terutama mereka yang menjadi minoritas agama seperti Falun Dafa/Gong, menjadi sumber industri panen organ ilegal. Dewan Legislatif Minnesota dan Senat berupaya keras untuk meningkatkan kesadaran terhadap masalah ini. Surat ini ditanda-tangani oleh 77 anggota legislatif untuk dikirim ke Asosiasi Medis Minnesota, untuk meminta mereka menentukan sikap terhadap panen organ secara paksa dan para pasien asal Minnesota yang melakukan perjalanan ke Tiongkok untuk mengambil keuntungan dari ketersediaan transplatasi. “Kami membutuhkan rencana dan panduan untuk mencegah siapa pun yang mendapat keuntungan dari praktek mengerikan ini di Tiongkok,” ucap Sen. Abeler (R-Anoka). “Sangat krusial bagi kami untuk terus mengutuk panen organ dan mencegah warga kami mengambil keuntungan dari kejahatan terhadap kemanusiaan.” Senator Carolyn Laine (DFL-Columbia Heights) menyatakan, “Ini masalah HAM yang serius dan kita semua perlu menyuarakan sikap vokal terhadap praktek ini.” Minnesota dan Dewan legislatif Amerika, telah mengeluarkan resolusi untuk menentang praktek tersebut yang ternyata masih banyak yang perlu dilakukan. Dimulai dari peningkatan kesadaran dan meminta mereka yang berada di bidang medis untuk berbicara dan mengembangkan rencana untuk melawan sistem saat ini. Legislatif Nels Pierson (R-Stewartville) menambahkan, “Ayah saya seorang penerima donor jantung, jadi saya mengetahui betapa pentingnya untuk memfokuskan upaya kami dalam mendukung warga Minnesota yang membutuhkan transplantasi. Namun panen organ secara paksa merupakan praktek mengerikan, dan kita harus berjuang untuk menghentikan dan melindungi hak asasi korban yang menjadi sasaran dari perlakuan tidak etis ini.” Di bawah ini adalah surat dari Legislatif Minnesota. Senat Minnesota juga mengirim surat serupa. CEO Janet Silversmith, Asosiasi Medis Minnesota, April 2019 Ibu. Silversmith yang terhormat, Kami ingin menanyakan kepada pihak Asosiasi Medis Minnesota mengenai kekhawatiran kami tentang pasien Minnesota yang mendapatkan transplantasi organ secara tidak etis di negara-negara seperti Tiongkok. Termasuk, pekerja medis asal Tiongkok yang dilatih di Minnesota , apakah membantu praktek panen organ secara paksa. Sebuah panduan tindakan pencegahan akan sangat dihargai dalam mendukung upaya kami untuk mencegah pasien Minnesota pergi ke negara-negara asing untuk mendapatkan transplantasi organ yang tidak etis, dan kepada pekerja medis asal Tiongkok yang dilatih di Minnesota, apakah mendukung praktek ini saat sekembalinya ke negara asal mereka. Menurut laporan investigasi yang dikeluarkan David Kilgour, David Matas dan Ethan Gutmann pada tahun 2016, berjudul: “Bloody Harvest/ The Slaughter-An Update,” bahwa industri transplantasi organ di Tiongkok melakukan transplantasi organ secara besar-besaran setiap tahunnya, dan Partai Komunis Tiongkok (PKT) terlibat dalam “pembunuhan massal rakyat tidak bersalah, terutama praktisi dari aliran spiritual, Falun Gong, juga Uighurs, Tibetan, dan Agama Kristen, dalam mendapatkan organ untuk transplantasi.” Sebuah pernyataan dari Dr. Kirk Allison, yang saat itu menjabat sebagai Direktur Program HAM dan Kesehatan, dari Kesehatan Medis Masyarakat di Universitas Minnesota yang dipresentasikan pada September 2006, pada sidang kongres tentang panen organ. Dewan Legislatif A.S. dengan suara bulat mengeluarkan Resolusi Legislatif 343 yang mengutuk pengambilan organ secara sistematis, yang disetujui oleh negara yang sumbernya berasal dari tahanan hati nurani di Tiongkok. Pada Mei 2016, Senat Minnesota dengan suara bulat mengeluarkan SF2090 yang melarang dan mengadili orang-orang yang berpartisipasi dalam pengambilan jaringan atau organ manusia secara ilegal.

  38. arzii HOAX

    arzii HOAX

    4 hari yang lalu

    Hukum mati koruptor titik.

  39. Suci Firawati

    Suci Firawati

    4 hari yang lalu

    Kalau yg beredar di medsos hoax, kenapa belum/tidak diusut pelakunya?

  40. SatuRas4 empat

    SatuRas4 empat

    4 hari yang lalu

    Terlalu banyak Suudzon di Negri ini.. ayolahh.. kapan mau maju? Kepentingan bukan utk kaum buruh saja, ttp utk kaum angkatan kerja baru yg sampai saat ini masih pengangguran juga butuh!! Tdk ada perusahaan yg akan memecat semena² karyawan yg berskill, rajin, dan ulet!

  41. alquran special

    alquran special

    4 hari yang lalu

    Alquran adalah mukjizat nyata bagi kita Dia akan menjadi penolong kita Penyembuh kita dari segala penyakit Allahuakbar Smoga Allah melindungi smua pencinta Qur'an Minimal mendengarkan bacaan Qur'an

  42. majid narendra

    majid narendra

    4 hari yang lalu

    kita butuhnya diskusi bukan keterangan

  43. Raja Nya Hiburan Official

    Raja Nya Hiburan Official

    4 hari yang lalu

    Cew sange chat dong...😂😂

  44. Teeis Giue

    Teeis Giue

    4 hari yang lalu

    Dilihat dari comment teman2 Yang Percaya sama gak percaya pemerintah, sama2 imbang Berarti uu cipta kerja pasti terlaksana, dan pemerintah punya pendukung lebih kuat.

  45. Ahmad Anwar

    Ahmad Anwar

    4 hari yang lalu

    Bpk President NKRI semoga sehat. Saya berharap IBU KOTA pindah jangan sampai batal

  46. Muhammad Arif

    Muhammad Arif

    4 hari yang lalu

    Tumben gak pake teks.. Ehh rupannya uda ada teks di balik layar 😂😂😪

    • SatuRas4 empat

      SatuRas4 empat

      4 hari yang lalu

      Bodoh

  47. GilangSat

    GilangSat

    4 hari yang lalu

    Tonton Sampai habis..Jangan liat kometar dlu ya

  48. KO Jakajak

    KO Jakajak

    4 hari yang lalu

    INIKAH YG DINAMAKAN PRESIDEN MENYEBAR HOAKS?

  49. KO Jakajak

    KO Jakajak

    4 hari yang lalu

    we don't believe in you!!!

  50. Akmal Niam Firdausi

    Akmal Niam Firdausi

    4 hari yang lalu

    Saya suka kolom komentar di video ini

  51. Muhamad Maulana

    Muhamad Maulana

    4 hari yang lalu

    Percuma di komen ga bakalan di liat

  52. no en GAMING

    no en GAMING

    4 hari yang lalu

    Jadi kerja seumur hidup enggak hoax dong sama aja

  53. KABAR TERBARU

    KABAR TERBARU

    4 hari yang lalu

    Bagi yang setujuh undang pak hotman paris ke istana biar bahas ruu dan penjelasan omnibus law Like..

  54. Elis Ramadhan

    Elis Ramadhan

    5 hari yang lalu

    Kalau semua nya tidak benar atau di bilang hoax, ngapain kau ganti undang undang nya, kenapa gak di sampaikan di publik sebelum di sah kan dan ngapain di kejar sampai tengah malam, berarti ada yg di sembunyikan alias punya niat ngibulin rakyat.

  55. Ertimur Revolia

    Ertimur Revolia

    5 hari yang lalu

    Semangat pak tolong hentikan para pericu yg mau merusak kedaulatan negara dg memanfaatkan momen demo uu cipta kerja untk menuai kerisuhan n hoax untk membuat masyarakat gk percaya sama pemerintah . Semagat pak aku selalu mendukungmu.

  56. BENI ASMAUL HUDA

    BENI ASMAUL HUDA

    5 hari yang lalu

    We are the champions🇲🇨

  57. Hulmawiyah

    Hulmawiyah

    5 hari yang lalu

    Sehat selalu pak! Semoga segala niat baikmu segera terbayar! Semangat!😊

    • Theo Septi

      Theo Septi

      2 hari yang lalu

      🤪

  58. Ricky Arcky

    Ricky Arcky

    5 hari yang lalu

    Pak

  59. Ahmad Rubianto

    Ahmad Rubianto

    5 hari yang lalu

    Ruwet"

  60. Bang zii Gaming

    Bang zii Gaming

    5 hari yang lalu

    Kasus korupsi hilang dari muka bumi

  61. Resa Dani

    Resa Dani

    5 hari yang lalu

    Hhhaaaaahhhh kudu tak bengok ae su

  62. #Analisa K

    #Analisa K

    5 hari yang lalu

    Presiden itu pemegang kekuasaan tertinggi. Bukan alat untuk melancarkan strategi para penjilat dan penghianat di negara ini... Semoga bapak senantiasa di berikan kesehatan dan suatu saat diberi hidayah untuk bersama rakyatnya khususnya rakyat kecil yg seharuanya mendapatkan perhatian dan perlindungan.

  63. Fierzahra Maula

    Fierzahra Maula

    5 hari yang lalu

    Koleh pengen biru cina , to yang baiknya , hukum mati para koruptor kayak negara cina

  64. cekli streetfire

    cekli streetfire

    5 hari yang lalu

    Ijeh kalah trending ambek smongko😂

  65. Muhammad alif Alviansyah

    Muhammad alif Alviansyah

    5 hari yang lalu

    Siapa yg pokus ke komenan. Dan ga menghirawkan yg ngomong di atas... 😅😅

  66. Mhd Lutfi

    Mhd Lutfi

    5 hari yang lalu

    Dia yang joged gua yang malu.

  67. Darwis Akbari

    Darwis Akbari

    5 hari yang lalu

    "Kalau pemerintah sudah bilang hoaks ya hoaks kenapa membantah lagi" Johnny G. Plate

    • Bunda Nova Handmade

      Bunda Nova Handmade

      3 hari yang lalu

      Kl hoaks mngapa ada gubernur yg menolak

  68. Ferda Oktavia

    Ferda Oktavia

    5 hari yang lalu

    LUNCURKAN UU KORUPSI HUKUM MATI!!!!!!!

  69. Doni Wahyu

    Doni Wahyu

    5 hari yang lalu

    Sekali kali kalo bikin RUU tu yg demo bukan rakyat tapi dpr nya sendiri bisa gk?.gak pernah kan dpr demo iyalah lu enak terus kapan demonya

  70. Bang Rizky

    Bang Rizky

    5 hari yang lalu

    Kamera setenbai pemain masuk 123 exsen

  71. Gold Medal

    Gold Medal

    5 hari yang lalu

    Saya sangat setuju dengan pernyataan pak Ma'aruf Amin di Video ini...👍👏

  72. ErecX i

    ErecX i

    5 hari yang lalu

    Udahkan President sendiri yang jelasin tpi msih bnyk yng percaya Hoax di internet trus diajak debat triak2 gk jelas wkkwkw

  73. Fajar Naufal

    Fajar Naufal

    5 hari yang lalu

    Anjayani

  74. ikin fals

    ikin fals

    5 hari yang lalu

    Berlakukan uu cipta kerja pada semua pns pak

  75. ARYA MERPATI PUTIH

    ARYA MERPATI PUTIH

    5 hari yang lalu

    Banyak orang bodoh pada kena hoax...jokowi the next sekjen pbb...#indonesia maju 2045

  76. Desy Ratna

    Desy Ratna

    5 hari yang lalu

    Saya yakin fakta lapangan nya tak seindah yang bapak ucapkan. Hmmm

  77. Fuck sleep

    Fuck sleep

    5 hari yang lalu

    Pak Jokowi kurus

  78. Lilyanna Moonly

    Lilyanna Moonly

    5 hari yang lalu

    Luar biasa pak Jokowi.. We love you...

  79. ale ale

    ale ale

    5 hari yang lalu

    Pak tolong sy warga jakarta jika memang betul negara menyita harta keluarga cendana tolong uang ny dbangun rusun pk sy blom punya rumah ud sita aj semua jng pk kompromi politik lg rakyat jakarta banyak yg blom puny rumah sendiri pk

  80. budi brexit

    budi brexit

    5 hari yang lalu

    takutlah karena kamu tdk amanah.kalo kamu rajin bikin hoaxx kelak matimu masuk surga .......... tp hoaxx jg!

  81. Faizal edunangane

    Faizal edunangane

    5 hari yang lalu

    Ciptakan undang undang anti korupsi . Yang korupsi tembak mati siarkan di media televisi . Yang setuju angkat tangan

  82. Su santi

    Su santi

    5 hari yang lalu

    Aku nggak ngerti omongan bapak ...

  83. bocah gaming

    bocah gaming

    5 hari yang lalu

    draftnya saja gk jelas ada banyak versi, tolol

  84. bunayya ajmala baiduri

    bunayya ajmala baiduri

    5 hari yang lalu

    speed 1,5 baru pas

  85. anisa siregar

    anisa siregar

    5 hari yang lalu

    Itu yg katanya ayam masuk ke pekarangan org denda 10jt masuk UU ga ??! . Serius nanya . Soalnya drmh plihara ayam

  86. Mas Okky

    Mas Okky

    5 hari yang lalu

    tjakep

  87. imran Electrik28

    imran Electrik28

    5 hari yang lalu

    Yg setuju Para Koruptor di hukum mati angkat🖕🖕👆👆

  88. Zifara Azulfa Ramadhani

    Zifara Azulfa Ramadhani

    5 hari yang lalu

    Presiden satu ini aneh...bukanya Rakyat Ayem...adanya kisruh...

  89. dear gone

    dear gone

    5 hari yang lalu

    rezim gada ahlak wkwk

  90. Johanmorgan Channel Aktor-Anggota Parfi56 Pusat.

    Johanmorgan Channel Aktor-Anggota Parfi56 Pusat.

    5 hari yang lalu

    Bagi Aparat petugas perizinan pegawai pemerintah daerah yg melakukan pungli harus di pecat dan di penjarakan setuju ???

  91. Johanmorgan Channel Aktor-Anggota Parfi56 Pusat.

    Johanmorgan Channel Aktor-Anggota Parfi56 Pusat.

    5 hari yang lalu

    Pak Presiden ..Saat ini aparat pemerintah yg suka pungli harus di tangkap dan dipenjarakan sudah di gaji rakyat di kasih jabatan masih malak dgn pungli u urusan izin.

  92. Gilang Tri Susanto

    Gilang Tri Susanto

    5 hari yang lalu

    Link pemersatu bangsa yg lagi viral, idplayer.info/show/QnN0TEwyM3drZTA.html

  93. Elbi Afrizal

    Elbi Afrizal

    5 hari yang lalu

    Drafnya belum selesai tp sudah disahkan. Ini jelas keliru dan menyimpang!

  94. Jhon Andika

    Jhon Andika

    5 hari yang lalu

    TOLONG DENGARKAN ASPIRASI RAKYAT... SEJAHTERAKAN RAKYAT INDONESIA. #JANGAN MALAH BIKIN SUSAH RAKYAT TERUS#

  95. JAKA SEMBUNG

    JAKA SEMBUNG

    5 hari yang lalu

    Indonesia hrs bangkit, dr pandemi & krisis ekonomi...

  96. Langgo Boom

    Langgo Boom

    5 hari yang lalu

    Tolong informasi Download Draff RUU Cipta Karya, Pakde dimana Yah? tolong Situsnya, Supaya kami tidak kebingunan HOAX.Nya dimana.

  97. A Eka Maulana Ishaq

    A Eka Maulana Ishaq

    5 hari yang lalu

    SIAP PAK PRESID3N, INDONESIA MAJU TRUSSS❗👍🙏🇲🇨

    • Theo Septi

      Theo Septi

      2 hari yang lalu

      UU nyiksaker

  98. Januar Syamsi

    Januar Syamsi

    5 hari yang lalu

    Bikin uu tentang korupsi hukum mati

  99. Antusias Art Isva aa_wibowo91@yahoo.com

    Antusias Art Isva aa_wibowo91@yahoo.com

    5 hari yang lalu

    Udah d baca?? Udah d pertimbangkan?? Udah d pelajari baik & buruknya??

  100. TrendQuran Family

    TrendQuran Family

    5 hari yang lalu

    Beli Qur'an ditemani adik Yg cinta Qur'an kasi like! Ini hanya pantun.... Tujuan utama kami membumikan Al-Quran agar muslim semakin muslim... Dukung kami jadi channel sedekah cukup dengan subkrib sj.

    • alquran special

      alquran special

      4 hari yang lalu

      Cinta Qur'an Ayo baca quran yang akan menjadi penolong dan penyembuh buat kita

Berikutnya