Semakin Menjamur, Sepeda Bakal Dipungut Pajak, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak

TRIBUN-VIDEO.COM - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka wacana pengenaan pajak sepeda.
Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan hal itu dalam diskusi virtual akhir pekan lalu di Jakarta.
“Kalau waktu saya kecil, saya mengalami sepeda disuruh bayar pajak dan sebagainya. Mungkin bisa ke sana. Tapi ini sejalan revisi UU 22/2009, sudah diskusi dengan Korlantas Polri,” kata Budi Setiyadi dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (26/6/2020).
Dia juga menilai penggunaan sepeda perlu diatur mengingat kegiatan bersepeda semakin marak akibat pandemi Covid-19.
“Saya terus terang, sepeda harus diatur. Apakah dengan peraturan menteri atau peraturan pemda, bupati atau gubernur,” kata Dirjen Budi Setiyadi.
Budi menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak digerakkan oleh mesin.
Karena masuk dalam kelompok bukan kendaraan bermotor, lanjut dia, pengaturannya berada di pemerintah daerah.
“Kami akan mendorong aturan ini di daerah, minimal dengan mulai menyiapkan infrastruktur jalan, DKI, Solo, Bandung, sudah menyiapkan juga, tinggal sekarang gimana aturannya,” kata Budi Setiyadi.
Selain itu, menurut dia, pengelompokan angkutan harus direvisi dalam UU Nomor 22 tahun 2009 karena semakin beragamnya jenis angkutan, termasuk angkutan listrik, seperti sepeda listrik, skuter, hoverboard, dan lainnya.
Budi mengaku pihaknya juga sudah melakukan kajian di negara-negara yang kecenderungan penggunaan sepeda meningkat guna menghindari kontak fisik di kereta atau angkutan massal lainnya akibat pandemi COVID-19.

Pengkajian itu antara lain dilakukan terhadap kegiatan bersepeda di Jepang.
Namun, dia menjelaskan terdapat perbedaan tujuan penggunaan moda ramah lingkungan tersebut.
Di Jepang terutama Tokyo, masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dari rumah ke kantor atau tempat perbelanjaan.
“Di Indonesia sekarang ini sepeda lebih untuk kegiatan olahraga dan jalan ramai-ramai, kemudian foto-foto. Sebenarnya, diharapkan sepeda ini dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari,” katanya.
Sebelumnya Pengamat Transportasi Universitas Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno menilai sepeda menjadi salah satu moda transportasi yang direkomendasikan dalam kondisi normal baru.
“Bersepeda menjadi pilihan, karena selain menghindari kerumunan dalam ruang tertutup dan menghindari antre, bersepeda membuat kesehatan tubuh terjaga,” katanya.
Moda tanpa bahan bakar tersebut juga mulai digunakan secara masif oleh negara Kolombia sebagai dampak pandemi COVID-19.
Negara Kolombia setara dengan Indonesia yang masih sebagai negara berkembang.
Walikota Bogota (Kolombia) Claudia Lopez, punya kebijakan selama masa karantina menutup jalan sepanjang 117 km setiap hari agar pejalan kaki dan pesepeda dapat lebih leluasa bergerak.
Ia menuturkan di era kenormalan baru, banyak kota di mancanegara mengurangi kapasitas transportasi umum dan mengalihkan ke perjalanan menggunakan sepeda.
“Untuk perjalanan jarak pendek, moda sepeda dan berjalan kaki benar-benar dikembangkan sedemikian rupa (aman, nyaman dan selamat), supaya tidak beralih ke penggunaan kendaraan pribadi secara berlebihan,” katanya
Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak, wartakota.tribunnews.com/2020/06/29/pajak-sepeda-bakal-dipungut-kemenhub-buka-wacana-pesepeda-bayar-pajak?page=all.
Editor: Max Agung Pribadi

Komentar 

  1. rindy luhung

    rindy luhung

    4 jam yang lalu

    Idiot

  2. alam maya

    alam maya

    10 jam yang lalu

    Perut ny perhub jg perlu d atur

  3. andriansyah chaniago

    andriansyah chaniago

    Hari Yang lalu

    zamannya gila, atau pemerintahnya yang gila (korup) ya....atau.... sssttt.....

  4. Hendrik Donald

    Hendrik Donald

    Hari Yang lalu

    😂😆👎 sepeda mau di pajakk.!!!! Gila. Gila. Sdh bagus ngurangin folusi udara. Rakyat mulai sadar penting nya sehat. Skrg malah di buat yg nggak msk akal.😅😆sdh bingung ya cari duit tutupan hasil korupsi. 😄🤣👎orang kelewat pintar jadi GOBLOK.!!!

  5. Eren XT

    Eren XT

    Hari Yang lalu

    Kebusukan pemerintah

  6. prifianza kirana

    prifianza kirana

    2 hari yang lalu

    Rezim lucu Gini kok kemarin dipilih sma rakyat2nyaa Lucu jga sih rakyat2nya 🤣🤣 mau milih dia

  7. ruskand dinata

    ruskand dinata

    3 hari yang lalu

    Kaya batu akik .... Nih dulu ...

  8. ruskand dinata

    ruskand dinata

    3 hari yang lalu

    Mungkin SEPEDAnya ntar ada PLAT NOMOR . Trus suruh di bikin SURAT IZIN SEPEDA . Wkwkw cuan lagi cuan

  9. Sun Gaming Youtube

    Sun Gaming Youtube

    4 hari yang lalu

    Justru mereka harus dikasih fasilitas lebih...lucu ya menteri Indonesia

  10. Nur Bayah

    Nur Bayah

    4 hari yang lalu

    Dasar mata duitan .

  11. Kris Hida

    Kris Hida

    4 hari yang lalu

    Buatin jalan khusus sepeda dulu,

  12. Kris Hida

    Kris Hida

    4 hari yang lalu

    Pingen e iku opooo lehhhh, wahhhh, bingung auu, rakyat e ws pengen sehat malah diperes, ws wssss anehhh

  13. Gunawan Aku Jaya

    Gunawan Aku Jaya

    4 hari yang lalu

    Makan tuh uang pajak 🤣

  14. Abdulla Wahiyudden

    Abdulla Wahiyudden

    5 hari yang lalu

    Yah Menurut saya Baguslah Bapak Jangan di pajakin cuma speda ko , Dulu ada juga saya dengar wacana nasi bungkus di pajakin ya apa kekurangan pemasokan masa sepeda aja di pajakin nanti org pada beli motor .Sdh bagus masyarakat sadar akan kesehatannya .apa mau sampean kota di penuhi motor .macam 2 aja saya tidak setuju Pak kalu mau ambil Pajak ambil aja VAt seperti di luar negri 3 % ki dalam setiap transaksi penjualan Barang atau jasa .Baru sya acung jempol .jangan menyiksa rakyat kecil pajak itu Mas .

  15. G. Yudha

    G. Yudha

    5 hari yang lalu

    Sekarat...jam tangan,jam dinding mesin jahit,mesin air bs" d pajak jg.

  16. Miky

    Miky

    5 hari yang lalu

    Jgn bilang dana dari pemerintah sudah mulai habis,..

  17. Rezky Deandesto

    Rezky Deandesto

    6 hari yang lalu

    Udah ngk buat Polusi dasar mata Duitan

  18. septi triandini

    septi triandini

    6 hari yang lalu

    Ngeri banget sepeda kena pajak. Wkwk dasar gapunya otak. Wkwk

  19. bimapringgo

    bimapringgo

    6 hari yang lalu

    LCGC karena katanya ramah lingkungan disubsidi, sepeda yang nggak menimbulkan polusi malah dipajakin.

  20. THR TV

    THR TV

    6 hari yang lalu

    Kalau sepeda roda tiga buat balita berapa pajak nya pak ?

  21. cecep sukendat

    cecep sukendat

    6 hari yang lalu

    pajak barang mewah

  22. Hafiz Azha

    Hafiz Azha

    6 hari yang lalu

    Semakin bingung dengan negri ini..

  23. vinoian Caem

    vinoian Caem

    6 hari yang lalu

    ruwet...ruwet...ruwet...ruwet...ruwet...ruwet...ruwet...ruwet...ruwet...ruwet...ruwet...ruwet....ruwet...ruwet...ruwet...ruwet...

  24. andha yoshi

    andha yoshi

    6 hari yang lalu

    widiw, sepeda bayar pajak, klo anak2 Sekolah punya sepeda n bersekolah pakai sepeda bagaimana pak.. indonesia jangan samakan dengan negara lain.. tolong wacanakan yang berbobot dan bermanfaat aja..

  25. Jateng Lebih maju

    Jateng Lebih maju

    6 hari yang lalu

    5 tahun kedepan nanti jalan kaki kena pajak. 10 tahun kedepan tidur kena pajak. 15 tahun lagi kedepan bernafas kena pajak. Ngacooo

  26. Aji Santosa

    Aji Santosa

    6 hari yang lalu

    Wis mbuh lah sakarepmu sepeda goes di pajak orang mlarat bakal kena pajak adehhhh di jakarta aja deh ya sebenarnya di negeri blanda sistim perpahakan sepeda ngakk di pajek

  27. Tri Hadi Prasetio

    Tri Hadi Prasetio

    6 hari yang lalu

    ada gula ada semut, .. 😂😂

  28. Tri Hadi Prasetio

    Tri Hadi Prasetio

    6 hari yang lalu

    ada gula ada semut, .. 😂😂

  29. Mr. X

    Mr. X

    7 hari yang lalu

    Hahahhaha ngakak ak 🤣🤣🤣 bisa2nya ditarik pajak gak logis baca judulnya aja gak logis apalgi baca beritanya sampai selesai 🤣🤣🤣🤣

  30. mrs TARGET

    mrs TARGET

    7 hari yang lalu

    rumah pjak, mobil motor pjak, barang pjak, hebat amat sepeda kena pajak!!? kalo pajak pembelian barang masih ok, tapi kalo pajak tahunan kyk motor gk masuk akal.

  31. michael steven

    michael steven

    7 hari yang lalu

    Mantap indonesia, semua kena pajak, gak lama lagi jalan kaki pun kena pajak

  32. Bapak Sugiarto

    Bapak Sugiarto

    7 hari yang lalu

    Kenapa rakyat gak di gantung sekalian aja, kasian udah susah masih tertindas, padahal cuma punya sepeda untuk beraktivitas malah jadi terbebani, kapan Indonesia merdeka🤦🤦🤦🤦🤦

  33. Matz Bee

    Matz Bee

    7 hari yang lalu

    Sekalian koper pajakin jg, kan sama ada rodanya juga 😆😆

  34. Tri R Bone

    Tri R Bone

    7 hari yang lalu

    Waadaauuwww..

  35. Anwar Ma'ruf

    Anwar Ma'ruf

    7 hari yang lalu

    Gue main sepeda baru kemaren sore... liat berita ini rasanya males mau sepedaan!!!!! Bngst pmrnth

  36. Up too U

    Up too U

    7 hari yang lalu

    hidup miskin dan susah di negeri yg kaya .. ohh indonesiaku lekas cpt sembuh ...

  37. Up too U

    Up too U

    7 hari yang lalu

    pimplan nehh .. reshuffle secepatnya pak jokowi ..

  38. Roarr sss

    Roarr sss

    7 hari yang lalu

    Kalau sepeda dikenakan pajak ya orang beralih naik motor lagi lah pasti. Harusnya kasih fasilitas buat sepeda biar kayak diluar negeri. Polusi juga berkurang. Kalau rakyat sehat BPJS ga akan bangkrut. Pajak pertama pas pembelian sepeda sepertinya udah cukuplah.

  39. aaL_ 92

    aaL_ 92

    7 hari yang lalu

    Wacana sampah.!!!! RAKUS.!!!! Kalau wacana aturan bersepeda masih wajar, demi terciptanya keteraturan dalam berlalulintas... namun untuk kau kenai pajak, maka smoga matilah dengan dzolim.! Knp bgini indonesia ku 🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️

  40. Ki jambul jamabul

    Ki jambul jamabul

    7 hari yang lalu

    Menjijikkan gerombolan2 manusia munak, tiada hari tanpa Hoax ☠️😈 ibarat iblis 😈😈 bergentayangan menyebabkan ujar kebincian fitnah-fitnah keji penyebaran berita bohong adu domba ☠️☠️☠️

  41. AngPra Music

    AngPra Music

    7 hari yang lalu

    Welcome to New Normal in Indonesia.. Gini donk semuanya bakal kena pajak ntar kalo di suruh jalan kaki pasti ada wacana lagi..

  42. Yubangamen

    Yubangamen

    7 hari yang lalu

    Besok napas aja dipajakin wkwkw. Pajak kalau bener penyerapan buat kesejahteraan rakyatnya ok ajalah. Lah ini koruptor yang makan pajak masih banyak, belum pajaknya gak sebanding dengan penghasilan rakyatnya. Jadi beban pajak jauh lebih besar daripada kebutuhan rakyatnya. Terutama rakyat yang tak mampu.

  43. sin XIX

    sin XIX

    7 hari yang lalu

    Kayak ga ada kerjaan yg lebih penting nih pemerintah !

  44. RTO max

    RTO max

    7 hari yang lalu

    Sekalian aj sepeda nya harus ad BPKB/STNK/Plat nomor sekalian ad praktek 8 baru bisa lulus kalo mbayar

  45. Ahmad Sayf

    Ahmad Sayf

    7 hari yang lalu

    jaman dulu sepeda pas lagi laris larisnya nggk dipajak tuh

  46. Zilong Maszilong

    Zilong Maszilong

    7 hari yang lalu

    Nanti jalan kaki kena pajak jugak nii praturan taik sepeda ajj mau di kenakan pajak mau carii untung sendirii pajak mobil motor udah mahal speda yg gak ber polusi n jalan nya ajj di situ2 doank gak kena pajak

  47. Reagan Nurhadi

    Reagan Nurhadi

    7 hari yang lalu

    Lama2 kaki di pajakin

  48. Ar Rasyid

    Ar Rasyid

    7 hari yang lalu

    Masa pesepeda Harus Dikenakan pajak juga...

  49. Ahmad Bebas

    Ahmad Bebas

    7 hari yang lalu

    Sekalian pejalan kaki di kenain Pajak, yang Duduk kena pajak yang tidur di pajak...

  50. Aftal H

    Aftal H

    8 hari yang lalu

    begini nih kalo negara dikuasai sama orang orang tolol, uang negara diporotin gantinya ngerampok dari rakyat segala sesuatu dinaikin dan dipajakin.. cuih

  51. Robert Silva

    Robert Silva

    8 hari yang lalu

    Untung sepeda saya sudah bayar pajak.. he..he..he..

  52. sriwahyuni sovianto

    sriwahyuni sovianto

    8 hari yang lalu

    Nanti lama-lama jalan kaki dikenai pajak...

  53. Bang Pai

    Bang Pai

    8 hari yang lalu

    INI PAJAK PEMBELIAN ATAU PAJAK APA YA ? DI TUNGGU AJA KELANJUTANNYA, BARU WACANA

  54. joe permana

    joe permana

    8 hari yang lalu

    Jangan salah bos, pajak sepeda sdh ada sejak dulu....

  55. Aldi Cahya

    Aldi Cahya

    8 hari yang lalu

    Oh ini hasil yang marah-marah kemarin.wkwk

  56. Fajar Agung

    Fajar Agung

    8 hari yang lalu

    Nafas menjadi kebutuhan masyarakat luas, pajakin om

  57. Movinime Clip

    Movinime Clip

    8 hari yang lalu

    Apakah sdah mentok akalnya buat bayar hutang 😂

  58. Riki prasetio

    Riki prasetio

    8 hari yang lalu

    apa2 dijadikan duit.. dsar para koruptor

  59. adi aldianyusup

    adi aldianyusup

    8 hari yang lalu

    Gak masalah bayar pajak tapi sediakan jalan khusus sepeda selebar 2 meter di setiap ruas jalan di daerah di provinsi bila perlu di tol sekalian

  60. Kembang_ Genjer

    Kembang_ Genjer

    8 hari yang lalu

    Di sponsori oleh pabrikan motor yg kebakaran jenggot ??😅😂

  61. Hadiq Uyee

    Hadiq Uyee

    8 hari yang lalu

    Yang setuju sepeda no pajak like ajah

  62. Hadiq Uyee

    Hadiq Uyee

    8 hari yang lalu

    Kok sepeda yang menyehatkan harus dipajak kenap!!

  63. Hadiq Uyee

    Hadiq Uyee

    8 hari yang lalu

    Motor sama mobil pajak 1tahun 1 miliar ajah dah

  64. ADI FIRMANSAH

    ADI FIRMANSAH

    8 hari yang lalu

    Kaya jaman pak soharto ajaa sepeda kena pajak.😂😂

  65. Filippo inzaghi

    Filippo inzaghi

    8 hari yang lalu

    Lama2 punya anak juga kena pajak lagi haduh lagi ena ena harus mikir dua kali kayanya awowkwowk

  66. Win Chapline

    Win Chapline

    8 hari yang lalu

    Setelah ini apa lagi? Joran pancing juga perlu bayar pajak?

  67. Aih Pradana

    Aih Pradana

    8 hari yang lalu

    Wacana gak ngotak

  68. Zachary zach69

    Zachary zach69

    8 hari yang lalu

    bnda bagus bila semuanya naik sepeda udaranya pon mkin bagus.. 🤦🏼‍♂️

  69. ICHULPUTIH ichul

    ICHULPUTIH ichul

    8 hari yang lalu

    maklum soalx indonesia bnyk hutangx 😁😁😁😁,lama2 kentut pun dibayar

  70. YT ALQAEDA

    YT ALQAEDA

    8 hari yang lalu

    Bocah ingusan mau tanya , fungsi pajak apaan?

  71. wahyu pratama

    wahyu pratama

    8 hari yang lalu

    HOAX sumbernya dari mana, yg ada kemenhub itu sedang merancang peraturan untuk kselamatan pesepeda bukan merancang pajak untuk sepeda, kasian orang2 indonesia di kasih makan iformasi HOAX terus !

  72. KimkimChenze

    KimkimChenze

    8 hari yang lalu

    cuan

  73. Jason Lee

    Jason Lee

    8 hari yang lalu

    Tau nya warna merah kertas lampu merah gk tau trobos aj tau nya kertas wrna merah

  74. YCH 92

    YCH 92

    8 hari yang lalu

    sepertinya setiap weekend BBM menurun karna kurangnya pengendara bahan bakar, jadi berpengaruh terhadap uang negara.

  75. Geryjaya Geryjaya

    Geryjaya Geryjaya

    8 hari yang lalu

    Pajak terusss kurang apa pajak tanah pajak listrik dll?

  76. Septian N.R

    Septian N.R

    8 hari yang lalu

    Pake plat nomor dong?

  77. Txmam Chan

    Txmam Chan

    8 hari yang lalu

    yang bilang pemerintah itu keren/bagus sekarang. BAPAK KAU

  78. Z x.

    Z x.

    8 hari yang lalu

    Negara konyol

  79. Leana alexandra93

    Leana alexandra93

    8 hari yang lalu

    TOLONG JGN SAMA KAN INDONESIA DENGAN NEGARA LAIN KUY

  80. Leana alexandra93

    Leana alexandra93

    8 hari yang lalu

    OTAK OTAK OTAK BELI OTAKKK

Berikutnya