Gus Muwafiq Dilaporkan ke Polisi, Begini Kata MUI

Penceramah Indonesia kembali dilaporkan ke polisi atas dugaan penodaan agama. Bagaimana tanggapan MUI?
Anggota DPPFPIAmir Hasanuddin melaporkan penceramah asal Yogyakarta, Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq, ke Bareskrim Polri. FPImenilai Gus Muwafiq telah melakukan penodaan agama saat dirinya berceramah di Purwodadi, Jawa Tengah.
Pelapor melaporkan Gus Muwafiq karena dinilai mengeluarkan kalimat yang menghina nabi. Dalam laporan tersebut, pelapor juga membawa sejumlah barang bukti, antara lain rekaman video, linkinternet, serta kata-kata Gus Muwafiq yang dinilai sebagai bentuk penodaan agama.

===== Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.
Media sosial Kompas TV: Facebook: KompasTV Instagram: kompastv Twitter: KompasTV LINE: line.me/ti/p/%40KompasTV

Komentar 

  1. Darwin Putra

    Darwin Putra

    7 jam yang lalu

    Gus tolol itu

  2. ngetroll tapi win

    ngetroll tapi win

    13 jam yang lalu

    Ilmu mu urung teko MUI

  3. Roekpanto

    Roekpanto

    21 jam yang lalu

    Komentar mui ini agak membingungkan, kalo ada yahya waloni , tengku zul ceramah yg sangat kotor dan memecah belah bangsa kok dibiarkan , pak kholil bagaimana???

  4. Tavip GF2

    Tavip GF2

    Hari Yang lalu

    Gus muwafiq kan memang menghina nabi. Individu klo menghina ssorg lebih2 menghina nabi ya harus di bawa ke ranah publik. Biar org tahu klo publik figur itu tercela

  5. Dheny Pnky

    Dheny Pnky

    5 hari yang lalu

    Gus munafik ga bisa ceramah diam.udah muka ga enak diliat.

  6. orang oranh

    orang oranh

    5 hari yang lalu

    Tolong katakan yag hak

  7. yudi yudi

    yudi yudi

    7 hari yang lalu

    sedikit sedikit ormas bikin ulah!!! bubarkan itu ormas

  8. Mis Rani

    Mis Rani

    8 hari yang lalu

    wajar gus muafik di lapor. karena menghina Nabi Muhammad. klau gk tau. sejarah jangan jadi ustd.

  9. Tara Tara

    Tara Tara

    8 hari yang lalu

    Semoga Pd Sehat semua .Aamiinn YRA...

  10. Syifa Saukyah

    Syifa Saukyah

    12 hari yang lalu

    FPI HTI dan PA212 Sama saja.dengan membuat demo berjilid jilid harus di bawa ke jalur hukum.keren telah membuat ketidak nyamanan masyarakat sekitar dan pengguna jalan.setau saya pendemo itu yang menunjol hanya kelompok mereka.dan boleh dikatakan kelompok yg benci pemerintah.

  11. atieku phb

    atieku phb

    14 hari yang lalu

    MUI kok gak faham ceramah kyai

  12. Asep Suherlan

    Asep Suherlan

    16 hari yang lalu

    Jgn memakai gelar GUS..kalau msh meremehkan Kel rosulluloh.. mintalah maaf kpd Allah SWT.dgn bertobat...kasihan anda demi uang rela menggadaikan aqidah....

  13. Camelia Putri Lestari

    Camelia Putri Lestari

    18 hari yang lalu

    paling2 yg melaporkn itu FPI,HTI,WAHABI SALAFI

  14. Nur Rohman

    Nur Rohman

    18 hari yang lalu

    Gus muwwwafik orang baik tidak mungkin menghinati ceritanya sebelum jadi rosul masih anak bedanya mirip manusia biasa cuma bedanya rosol ahlaknya mulia sekali tidak punya dosa sama sekali amin

  15. Agroyono Yono

    Agroyono Yono

    20 hari yang lalu

    tetep Nu.. kadronn bubarkan..

  16. Kafid Ahmad

    Kafid Ahmad

    20 hari yang lalu

    Kiyai kok di lihat mukanya kok gelap ya suram gak kaya kiyai yang lain di lihat air mukanya cerah berih.

  17. Yudo Anggoro

    Yudo Anggoro

    27 hari yang lalu

    gus muwafik kyai sejati ,,,sabar gus ,,semoga Allah melindungi gus muwafik .

    • kanjeng dimas

      kanjeng dimas

      17 hari yang lalu

      Kyai koplak

  18. Jono Jono

    Jono Jono

    Bulan Yang lalu

    Gus semoga slalu sehat..

  19. nur16 yanto

    nur16 yanto

    Bulan Yang lalu

    Kalau yg dukung rezim walau salah cuma minta maaf tdk ada kelanjutan tapi kalau yg tdk mendukung rezim sperti habib bahar di penjara hanya pengen tau du mana keadilan???

  20. Andi Sandi

    Andi Sandi

    Bulan Yang lalu

    Lapor Aja.,Biar jadi pelajaran.Bagi GUS. munafik,,,tidak Elok kata 2 x.,,,,

  21. Ishak Sinar

    Ishak Sinar

    Bulan Yang lalu

    GUS MUAFIK GAYA DAN PENAMPILANNYA SEPERTI PREMAN.. BELUM PANTES DIA JADI PENCERAMAH..

  22. Alamku Alam

    Alamku Alam

    Bulan Yang lalu

    Kalo tdk paham Bahasa dan kebiasaan org Jawa pasti salah paham .

  23. Ahmad Muzani

    Ahmad Muzani

    Bulan Yang lalu

  24. Salam JR

    Salam JR

    Bulan Yang lalu

    Gus Muafiq... Bukan Rizieq Shihab kadal gurun... Yg lari.... Cuman karna janda....

  25. Salam JR

    Salam JR

    Bulan Yang lalu

    FPI... Lebih bagus.... Hilang dari muka bumi. FPI ... Hnyalh.... Ormas yg oragan

  26. Irma Nuryamuthoharoh

    Irma Nuryamuthoharoh

    Bulan Yang lalu

    gos muwafiq ompoh gitu aja repot

  27. Muhammad Kurdi

    Muhammad Kurdi

    Bulan Yang lalu

    Ketua, KPK dapat jawabannya !

  28. ahmad anis

    ahmad anis

    Bulan Yang lalu

    Bubarkan FPI bikin onar aja !!!

  29. Nur Hudha

    Nur Hudha

    Bulan Yang lalu

    Sepisan NU aku tetep NU moh seng lione!

  30. Kafizha Bilal26

    Kafizha Bilal26

    Bulan Yang lalu

    Sesama muslim berantem, tempatnya bukan di medsos, tempatnya di gelanggang pencak dor

  31. Agus Sari

    Agus Sari

    Bulan Yang lalu

    sikat habis aja tuh FPI perusuh bangsa hidup dan mati saya selalu siap buat NU dan NKRI

  32. Abd. Nasir Channel

    Abd. Nasir Channel

    Bulan Yang lalu

    Bedo Makom broo.ilmune urong tok ng kono..wong nu pancen jossss

  33. Bintang Mahasurya

    Bintang Mahasurya

    Bulan Yang lalu

    Hukum harus ditegakkan, apapun alasanya

  34. Ahmad Hikam

    Ahmad Hikam

    Bulan Yang lalu

    Bukan kapasitas kita berpendapat kaya gini

  35. Ahmad Hikam

    Ahmad Hikam

    Bulan Yang lalu

    Mari kita lihat pendapat pendapat quotes dari para Netijen wkwk

  36. Vivo Apik

    Vivo Apik

    Bulan Yang lalu

    Muafiq gus gaplek kyai kayak teempik itulah kyai klo nyebong muafiq saat ini kyai gathel

  37. Muhammad Al fattih

    Muhammad Al fattih

    Bulan Yang lalu

    semangat gus muwafiq yg laen jg lbh nyleneh kok diam ajah

  38. Suratno DK

    Suratno DK

    Bulan Yang lalu

    FPI mmg nya kalian z yg muslim ???

  39. Pak Madun

    Pak Madun

    2 bulan yang lalu

    Disini lah kadang2 kesalahan Da'i, kadang2 memberi kesan pada pendengar, agar ada sensasi lain, malah bluder, mf jika sy boleh jujur, Banser itu lebih membagakan hal2 yg berkaitan dg fisik, dan emosional, dlm hal ini, " kekebalan fisik " jadog jika orang jawa bilang, dan mudah emosi, maka nya jika di kampung, Banser, jadi bahan cibiran. Karna sy sering jadi tempat mengadu, baik dari banser, atau ormas yg lain. Coba aja kemarin teman2 Gus musfiq, tdk keras suara nya, bahkan sampe nantang2, mungkin tdk akan terjadi begini, kami tdk rela Banser di hina, tapi sy tdk suka sepak terjang Banser skrang.

  40. Mbak Lilis

    Mbak Lilis

    2 bulan yang lalu

    Tangkaaaap, cebloskn k penjara

  41. Boerny Amir Pandia

    Boerny Amir Pandia

    2 bulan yang lalu

    Mau nanya ke MUI kenapa waktu ahok sudah minta maaf masih dihujat terus

  42. obatkuat bandung

    obatkuat bandung

    2 bulan yang lalu

    maju terus gussss kita satu nusa satu bangsa NU

  43. kayu belian

    kayu belian

    2 bulan yang lalu

    1 kesalahan Gus muwaffiq telah di lebur dgn 100 kebaikan Gus muwaffiq...manusia tak luput dari kata kesalahan... Wabillahittaufiq walhidayah wassalamu'alaikum wr.wb

  44. Tuti T

    Tuti T

    2 bulan yang lalu

    Gusmuhafiiiikkk itu islm nusantara. Maafya bukan ulmak idolaku idolaku adalah ulma garis luruuusss contoh HRS muuuaanntaaapppp

  45. ma qenk

    ma qenk

    2 bulan yang lalu

    Nu is the best pokok na Mantap......

  46. Pak Madun

    Pak Madun

    2 bulan yang lalu

    Mf P. Kyai, seandaenya Gus miftah, ket Banser, bisa lebih sopan, dan lebih santun, mungkin lebih baik tdk seperti ini, masak salah malah dari ket, Banser malah nantang2, kayak orang gak tau etika aja, sy juga per nah jadi pengurus Banser di era TH 70 an awal. Gak pernah ada kejadian seperti ini, sy suka Banser, tapi sy benci dg ketua nya. Yg arogan dan kurang sopan.

  47. Infantri Ad

    Infantri Ad

    2 bulan yang lalu

    Gus muwafiq salah satu kiyai NU idola ku beliau kiyai yang faham dan sangat tahu tentang sejarah Nusantara beliau kiyai panutan semoga Gus muwafiq dilindungi selalu oleh Alloh SWT 🙏 Amin ya rabbal alamin 🙏

  48. just for laugh

    just for laugh

    2 bulan yang lalu

    Gua gak mau muafiq ini di bawa ke jalur hukum, sudahlah masalah ini,karna dia juga ummat muslim,cuman buat gua dia bukan kiyai,dmn"kiyai punya akhlaq,apa lagi sama nabi Muhammad yg kami cintai, Yg bikin dari kami sakit hati, di masa jaman nabi kata si muwafiq ini kalau ada jambu pasti nabi nyolong jambu, di kira nabi itu seperti kalian kepalanya dan hatinya di kuasai setan dan iblis, sekali lagi dia bukan kiyai,kami marah bukan karna muwafiq ini rambut panjang muka buteg. tapi mulut nya gak sopan terhadap nabi kami, Nabi kami manusia pilihan bukan seperti muwafiq ini palanya dan hatinya masih di kuasai setan dan iblis,buat gua dia bukan kiyai dia orang biasa yg ngomong ceplas ceplos, pelajaran buat kita semua semoga kami selalu sejalan dengan nabi,bukan sama muwafiq

  49. Mal Socah

    Mal Socah

    2 bulan yang lalu

    Tanggapsn saya Gus gonrong itu antek2nya munafik.rezim yg selalu percaya pada Gus gondrong bagus jeblos ksn ke penjara. Semoga ajab Allah meridoinya.amin.3x

  50. Muhammad Aji

    Muhammad Aji

    2 bulan yang lalu

    Miris....miris...miriiiiiiiiiiiisssss.......nabi sendiri ga faham...

  51. penot penot

    penot penot

    2 bulan yang lalu

    lanjuttruspakpolisiiiiiiiii

  52. Ahmad Dedyansyah 1901301005

    Ahmad Dedyansyah 1901301005

    2 bulan yang lalu

    Harus hukum dulu soal udh keumum kami paham

  53. Budi Santoso

    Budi Santoso

    2 bulan yang lalu

    Pelajaran bagi orang sok tau yang suka mengajarkan pendapat dan perkiraan pribadi tanpa bukti.

  54. Amirullah Amir

    Amirullah Amir

    2 bulan yang lalu

    Segala sesuatu kejadian atas izin Allah dan TDK ada selembar daun kering pun yg gugur Tampa sepengatahuan Allah

  55. Talaga Cell

    Talaga Cell

    2 bulan yang lalu

    Bahayanya untuk para ahli kitab berdakwah kalau salah bisa menyesatkan,dan dampaknya bisa pengaruhi orang banyak.

  56. Riwoto JM

    Riwoto JM

    2 bulan yang lalu

    Ayo bela Nabi Muhamad...penceramah kurang ilmu kok ceramah ???

  57. Litbang Pertanian

    Litbang Pertanian

    2 bulan yang lalu

    Tidak boleh seorang pun manusia di muka bumi ini menghina Rasulullah Saw,,,

    • Aris Wibowo

      Aris Wibowo

      Bulan Yang lalu

      Kalau menghinA orang lain boleh,, contoh rizik sama nurraharja

  58. Gondrong Kereng

    Gondrong Kereng

    2 bulan yang lalu

    Setuju... Salah benar nanti dihadapan allah swt... Pro kontra biasa saja, allah maha tahu,.. 😊🙏🙏

  59. ES

    ES

    2 bulan yang lalu

    Iku jenenge gleca glece kepingin diguyu.. Yo iku akire

  60. Adrika O.F

    Adrika O.F

    2 bulan yang lalu

    Yang melaporkan "mungkin" orang yang tidak begitu tau sejarah dan kisah para Nabi.. Makanya jangan kebawa emosi dulu,cari tau dulu yang sebenarnya,bila perlu adakan riset tentang kisah Nabi dan Rhosul ke seluruh dunia.. benar tidak atas apa yang disampaikan Gus Muwafiq dalam ceramah pengajian... jika benar yang disampaikan Gus muwafiq salah, baru kalian laporkan ke pihak berwajib.. Tapi ya sudah lah,, mau gimana pun kita manusia,benar dan salah memang tidak luput dari kita.. Mending salaman, damai, dan kembali hidup rukun bersama..

  61. Raka Putra

    Raka Putra

    2 bulan yang lalu

    Gus munafik 😁😬😈

  62. Enen Sineber

    Enen Sineber

    2 bulan yang lalu

    Bila fpi jual kita borong , kita paham fpi juga ketuanya...siap di barisan nu

  63. Yeni agustina Official

    Yeni agustina Official

    2 bulan yang lalu

    kita sudah masuk zaman fitnah

  64. Huda Imut

    Huda Imut

    2 bulan yang lalu

    Udh jls kalau FPI itu mau menghancurkan ulama2 NU mka nya di cari2 kslhan nya melulu.buat pemerintah harus sgra menindak tegas dngn membubarkan FPI.kalau tdk akan hancur negara ini

  65. rayan manik

    rayan manik

    2 bulan yang lalu

    Ah baru kali ini ada ustz yg menghina sayedina muhamad ngomong rebes

  66. Muhamad fahmi

    Muhamad fahmi

    2 bulan yang lalu

    NO 1 baca 2 kalimat sahadat karena dia sudah murtad murid nya bodo semua

  67. Anto mandar

    Anto mandar

    2 bulan yang lalu

    Bgsnya Gus in di bawa keranah hukum.titik..

  68. Jamaluddin Jampang

    Jamaluddin Jampang

    2 bulan yang lalu

    Jd org2 hebat di MUI itu hrs tegas..jgn cemen..si muafik itu pantes klu darah'y itu ditumpahkan halal darah utk di tumpahkb.krn dia sesat dan myesatkan.

  69. Paytren Rosita

    Paytren Rosita

    2 bulan yang lalu

    Saya orang NU tulen, sama guru/kiayi wajib hormat, wajib patuh.. Akal sehat sja... Terlebih kepada baginda rosul. Sampai kiamat pun nabi Muhammad ttp manusia paling mulia dan terhormat dimuka bumi ini. Maka muliakanlah....

  70. Asri Adarjad

    Asri Adarjad

    2 bulan yang lalu

    gus anjink

  71. Anh Cuong

    Anh Cuong

    2 bulan yang lalu

    Itu BKN lupa tapi bodoh dan tolol gablek

  72. B Bambang

    B Bambang

    2 bulan yang lalu

    Gusmuwafik goblock klo ga tau tentang sejarah Rassulullah itu jangan Ceramah pande pandean kau!!! Goblock!!!

  73. Wely Lahay

    Wely Lahay

    2 bulan yang lalu

    Bakaaarrr para penghina nabi

  74. Parlan Parlan

    Parlan Parlan

    2 bulan yang lalu

    Saya kira yg namanya gus muwafik lnnl.isi kplx tak jauh brbeda dng isi kpala dan hatix sama smrawutx

  75. Jamaluddin Jampang

    Jamaluddin Jampang

    2 bulan yang lalu

    Apa pantas seorg yg kata'y kiayi..tp menghina nabi'y sndri..apa cukup bitu sja dgn kata maaf sja..?gila x tuh kiayai gondrong..betul mnusia tdk prnh luput dr salah tp apa pantas..pake otak bkn pake nafsu..bitu jga KPK.yg ketua'y org bodoh..yg bisa disetir.

  76. wann APRIL

    wann APRIL

    2 bulan yang lalu

    FPl benteng NKRl, FPl bubar maksiat meraja lela... FPl is the best.

  77. Opan Fajar

    Opan Fajar

    2 bulan yang lalu

    Salut buat MUI,.. katakan salah apabila salah katakan benar apabila benar,. Nabi Muhammad Saw, itu manusia istimewa dari perjalanan hidup nya dari tanda2 lahirnya sampai diutus menjadi penyampai ayat2 Allah dan agama allah.. allahuma salliala Muhammad wa'ala Ali Syaidina Muhammad.

  78. Hidup jangan Kebanyakan Halu

    Hidup jangan Kebanyakan Halu

    2 bulan yang lalu

    RASAIN , MAKANYA JGN MENGHINA NABI,, SAMPOIN ITU RAMBUT,,,, BAU TUHH,,,,

  79. Yazid Allrazy

    Yazid Allrazy

    2 bulan yang lalu

    Ngakunya kiyai..tp ndak bisa jaga mulutnya...wkwkwk kuun dukung...

  80. Tanpa Jeda, Kreatifitas Anak Muda Chanel

    Tanpa Jeda, Kreatifitas Anak Muda Chanel

    2 bulan yang lalu

    Harud dipenjraksm

  81. adhie doank

    adhie doank

    2 bulan yang lalu

    muafik bkan ustadz,gak da ilmunya,,

  82. Nuruddin Axia

    Nuruddin Axia

    2 bulan yang lalu

    Lidah tidak bertulanng,, bagaikan pedang bermata dua ,silap sedikit terkena sendiri,

    • yaya dm

      yaya dm

      2 bulan yang lalu

      Takbir!!!!!

  83. Annisa Simamora

    Annisa Simamora

    2 bulan yang lalu

    Semoga bisa d proses secara hukum... gus muaqik atau si gondrong itu..

  84. Ahmad Haidar

    Ahmad Haidar

    2 bulan yang lalu

    Begitu bangga dan sombongmu kau gk merasa getun kecewa dgn ucapanmu....sombong kamu sama Rosullaloh.

  85. Teguh Aditya

    Teguh Aditya

    2 bulan yang lalu

    Dasar FPI nggak bakalan maju FPI di Indonesia minggat sana ke Arab ini Indonesia bukan rumah FPI

  86. Bizzy Bone

    Bizzy Bone

    2 bulan yang lalu

    Kalo cinta Rosul berarti cinta Habib

  87. Sultan Zul

    Sultan Zul

    2 bulan yang lalu

    Ini untuk semua baik ulama orang biasa atau siapa saja yg melakukan penistaan harus meminta maaf tapi juga harus di proses. Jagan biasakan bos pake materai 6000 maka perkara selasai ini luar biasa ini ,....

  88. Kang Bedor

    Kang Bedor

    2 bulan yang lalu

    Nek ceramah yo seng ojo marai pro kontro to gus gus...mugo indonesia rukun lah

  89. Kang Bedor

    Kang Bedor

    2 bulan yang lalu

    top FPI

  90. Paijo Gedek

    Paijo Gedek

    2 bulan yang lalu

    Iki Lo contoh EN lak salah ngaku salah.. wong NU Iki Lo contoh EN broo

  91. cah nyasar

    cah nyasar

    2 bulan yang lalu

    nggih leres

  92. Wahyu Din

    Wahyu Din

    3 bulan yang lalu

    Kalau tidak bisa menjawab di dalam diskusi ya lebih baik tidak di jawab,dari pada kemudian menistakan masa kecil Nabi Muhammad SAW.

  93. alfian aji

    alfian aji

    3 bulan yang lalu

    Yang laopor masalah... Dikit lapor dkit lapor...

  94. Petualangan SiTapung

    Petualangan SiTapung

    3 bulan yang lalu

    Muwafik buat malu Mbah hasyim

  95. Faizal Mhadaz

    Faizal Mhadaz

    3 bulan yang lalu

    Tidak ada kata maaf buat muwafiq...krn tlh menghina nabi muhammad....jika ada dimadura sy bersumpah demi alloh akan sya penggal kepalanya....kpn pun dia klo dtng ke madura

  96. Davina Ceuceu

    Davina Ceuceu

    3 bulan yang lalu

    Itu roki gerung yang bilang alquran itu fiksi ga ad yang laporin hebat dia

  97. Junaidi Ahmad

    Junaidi Ahmad

    3 bulan yang lalu

    Dikit2 nodai dikit ini itu za mau kiamat mgkin

  98. Vio Arya

    Vio Arya

    3 bulan yang lalu

    Saya bersama Rasulullah SAW

  99. Yulia Safitri

    Yulia Safitri

    3 bulan yang lalu

    Penjarakan saja

  100. Kiswan Alkalifi

    Kiswan Alkalifi

    3 bulan yang lalu

    Kalau yg laporkan itu gak perna salah ka,

Berikutnya