Gus Muwafiq Dilaporkan ke Polisi, Begini Kata MUI

Penceramah Indonesia kembali dilaporkan ke polisi atas dugaan penodaan agama. Bagaimana tanggapan MUI?
Anggota DPPFPIAmir Hasanuddin melaporkan penceramah asal Yogyakarta, Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq, ke Bareskrim Polri. FPImenilai Gus Muwafiq telah melakukan penodaan agama saat dirinya berceramah di Purwodadi, Jawa Tengah.
Pelapor melaporkan Gus Muwafiq karena dinilai mengeluarkan kalimat yang menghina nabi. Dalam laporan tersebut, pelapor juga membawa sejumlah barang bukti, antara lain rekaman video, linkinternet, serta kata-kata Gus Muwafiq yang dinilai sebagai bentuk penodaan agama.

===== Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.
Media sosial Kompas TV: Facebook: KompasTV Instagram: kompastv Twitter: KompasTV LINE: line.me/ti/p/%40KompasTV

Komentar 

  1. Super Hero

    Super Hero

    4 jam yang lalu

    GEMBEL AJA GA BOLEH DI HINA KO NABI DI HINA , GUOBLOOK MAU CERAMAH .

  2. Muhaimin Iskak

    Muhaimin Iskak

    2 hari yang lalu

    Saya rasa kyai muwafiq...sudah sangat gentle sekali..karena dia sudah minta maaf....dan memang ini adalah cara pihak sebelah yg masih punya dendam ....

  3. Ali Basyah

    Ali Basyah

    3 hari yang lalu

    Mudah bagi Allah untuk membuka siapa sebenarnya diri manusia itu walaupun dibungkus dengan berbagai label...lebih lagi diakherat nanti...

  4. Rendi Pratama

    Rendi Pratama

    4 hari yang lalu

    R

  5. lutfi aja

    lutfi aja

    4 hari yang lalu

    Seorang sekelas gus muwafiq gmungkin menghina nabi ,fpi Gfaham krn posisi x sudah mulai ambrok ,begitu ada gesekn woe dbesar2 kn dr pd ngurusi orang mending yg di arab gbisa pulang jd gelandangan politik Wkwkwk malu malu itu j di urusi,chat mesum ahay serban putih serbanx saja

  6. rudy crut

    rudy crut

    5 hari yang lalu

    Kiayi Gus dri NU rata2 gitu Apalagi orang jawa Belajarlah agama yg punya gelar ustadz

    • Hasan Abbas

      Hasan Abbas

      3 hari yang lalu

      Ning Jowo Ustadz kui anak buahe Kyai

    • Hasan Abbas

      Hasan Abbas

      3 hari yang lalu

      Maksudmu opo

  7. As sidik

    As sidik

    5 hari yang lalu

    Bicara asal jeplak y gitu.. ngaku" budayawan, ngaku" sejarawan prett... Rosulallah di serang abrahah..? Membandingkan masa kecil Rosulallah dg bocah" di kampunya.. Gondrong gondrong..

  8. Saubari Saubari

    Saubari Saubari

    6 hari yang lalu

    Monggo laporkan mawon ha ha ha kami rasa pak ustadz warga yg baik pasti datang dan gak mungkin. Kabur ke arab tp sebagai warga indonesia pasti punya hak jawab tentunya

  9. Sopian Imbut

    Sopian Imbut

    9 hari yang lalu

    yang lucu neh orang masih aja ada yang bela... oi yg beri safaat esok d hari kiamat sapa bro??? lu pada mati-matian bela orang yg jelas-jelas menghina Nabi dan lu berharap Nabi Muhammad SAW akan memberikan safaatNya??? situ waras???

  10. Wisang 102 BF

    Wisang 102 BF

    10 hari yang lalu

    MUI ne ora josss

  11. Fahmi Mujib

    Fahmi Mujib

    10 hari yang lalu

    2:49 Yg tetep pengen ngelaporin itu kalian. Lha gus muwafiq udah minta maaf.. Katanya sudah dimaafkan. Kok masih keluarin pernyataan "kalau mereka mau tetap dilaporin" Sama aja kamu sudah menyangkal pernyataan kamu sebelumnya. Yg berarti pernyataanmu sebelumnya itu palsu. Hah gemes. Inginku berkata kasar. Dasar kebun binatang. 😢

    • rudy crut

      rudy crut

      5 hari yang lalu

      200juta Indonesia brow yg maafin siapa berapa orang.... Kentut gk batal siapa yg bilang klo gk gus rembes Saya setuju di bloc aja ni

  12. Mjohari Daren

    Mjohari Daren

    11 hari yang lalu

    Kenapa MUI kok sangatlah lemah begitu menyikapi ceramah Gus muwafik

  13. Alfatir Syahid

    Alfatir Syahid

    11 hari yang lalu

    Ulama2 yang ada di PBNU rata2 adalah penjilat karena ketuanya adalah moyangnya penjilat.

  14. Alfatir Syahid

    Alfatir Syahid

    11 hari yang lalu

    Ustad jebolan sekte nusantara/aliran Nusantara.

  15. Javier afinhernandez

    Javier afinhernandez

    12 hari yang lalu

    Wong salah tetap di bela,,,itu penista agama hukum mati ajha

  16. cemilan makanan

    cemilan makanan

    13 hari yang lalu

    Gerombolan Kadrun sdh menistakan agama orang, disuruh minta maaf tidak mau. Sebagai seorang ustadz, apa Somad tidak malu orang dizaliminya justru memaafkan walau Somad tidak mau minta maaf. Skrg sesama ulama apalagi sdh minta maaf tapi msh saja dilaporkan ke polisi. Kadrun wataknya mirif dgn PKI. sdh salah tapi menuntut orang minta maaf.

  17. Suro Dipo

    Suro Dipo

    14 hari yang lalu

    Orang berilmu pasti hati2 dalam berbicara... Kita sesama manusia hanya bisa saling memaafkan, biar Allah yg membuka siapa yg benar dan salah

  18. Siti afiyah Afiyah

    Siti afiyah Afiyah

    15 hari yang lalu

    Sekali lagi jangan bawa organisasi/golongan....plis deh ah....🀣🀣🀣

  19. Siti afiyah Afiyah

    Siti afiyah Afiyah

    15 hari yang lalu

    🀣🀣🀣🀣mungkin kalo sudah ceramah di depan istana sudah keren.....mungkin 🀣🀣🀣🀣 yg g terima ya (mungkin yolong jambu) ya itu....

    • Endang Mujiarti

      Endang Mujiarti

      14 hari yang lalu

      Ulama pesenan istana

  20. Hm Amin Alder

    Hm Amin Alder

    16 hari yang lalu

    Harus di proses

  21. Hilyatuddiniyah Fuad

    Hilyatuddiniyah Fuad

    16 hari yang lalu

    Aku wong NU tpi memihak yg benar , bukan memihak organisasi , kalau memang kyi NU salah , aku tk mendukung malah ingin njotos bahkan memenggal....

  22. mukh idin

    mukh idin

    16 hari yang lalu

    Nek ra ngrti boso jowo menengo,,, mung golek2 kesalahan Wong liyo (klo gk ngrti basa jawa mending diem aja,,,,penistaan nya dimana?

    • mukh idin

      mukh idin

      13 hari yang lalu

      Koe cing tolol lengce

    • Eka Wati

      Eka Wati

      14 hari yang lalu

      kalau jd org tolol ya menneng.biar gk tambah ke tauan dungunya

  23. Estu Boement

    Estu Boement

    16 hari yang lalu

    Siapapun yg telah menghina nabi.akan di kenang sebagai sampah sejarah.

  24. Isro skill

    Isro skill

    16 hari yang lalu

    Assalamualaikum poro sepuh Jangan pada mengedepankan emosional masing2 (itu pak kholil udah menyampaikan ) kedepankanlah kerukunan lurddd Awas ati2 lurrrd ojo kepleset URUSAN DUNYO Ojo belani bener jaremu dewe Ojo belani bener jare uwong Beloni kae BENERE PENGERAN Astaghforulloh ya alloh gusti Nonton komentare podo kepleset titipane jenengan gusti Sedulurku podo padu podo hujat podo bener jare dewe Paringono rohmate jenengan ya alloh gusti kanggo dulur2ku kabehhh ben ngerti ben podo ngerti dalane panjenengan sing bener sing di ridhoi sing di berkati sing di rohmati jenengan y alloh gusti Monggo lurd di waos maleh ilmu titipaNE Ojo ngrumangsani wis podo bener wis podo pinter dadekno awake dewe lali titipaNE gusti ALLOH Eling titipane Di jogo titipane Mugo awake dewe mboten kepleset urusan dunyo Aminnnn Aminnnn Aminnnnnnn Ngapunten poro sepuh Nk salah tolong aku di kandani Ampun di omeli gh Maturnuwun Pamit riyen Assalamualaikum waroh matulloh wa barokatuhhhhh

  25. Rann Bigolive

    Rann Bigolive

    18 hari yang lalu

    Bertaubatlah pak muwafiq. Jangan sampai urusan nabi rasullullah disepelekan saya tersakiti amat sangat dengan kata2 yang sangat merendahkan nabi.

    • mukh idin

      mukh idin

      16 hari yang lalu

      Sampean tu emangnya tau bahasa jawa,,,,

  26. A . W

    A . W

    18 hari yang lalu

    Kalian Berani nyentuh kyai ulama kami.. Ku retak kan ginjal kalian

  27. M Andik

    M Andik

    18 hari yang lalu

    Hhhh inilah uniknya indonesia.. dan berkah buat nitijen...

  28. As_Salam Jatimurni ujungaspal

    As_Salam Jatimurni ujungaspal

    19 hari yang lalu

    Allah akan selalu membela yang benar. Semoga Gus Muafiq selalu diberi kesabaran

  29. muhammad jailani

    muhammad jailani

    19 hari yang lalu

    pelajaran buat penceramahx juga untuk diselesaikan scr hukum juga ?

  30. Bapak Hamzah

    Bapak Hamzah

    19 hari yang lalu

    Terus yg melarikan diri ke saudi juga harus di adili....... Malu2in katanya habib kok .... Habib cap oopo Iku.. .

  31. Muji Yono

    Muji Yono

    20 hari yang lalu

    Semoga Alloh mengampuni nya sebelum dipocong dikucir dibalik papan disukabumi, mudah mudahan menjadi pelajaran bagi ustadz ulama dan umat jangan cari muka didepan penguasa,. didepan manusia sehingga mengorbankan nabinya, seharusnya Alloh dan Rosul lebih diutamakan, lebih dicintai daripada yang lainnya

  32. Suryani Marsudi

    Suryani Marsudi

    20 hari yang lalu

    Fanatik untuk ursn Aqidah itu Harus,,.. Ursn Duniawi stndr aja,, ga ush nge'gas..

  33. Fredi Rustandi

    Fredi Rustandi

    20 hari yang lalu

    Masa seorang ustad ceramahnya begitu

  34. Ganang MapUplouds

    Ganang MapUplouds

    20 hari yang lalu

    Kok bisa orang kek gini jadi ulama? Apakah karena yg mendengarny kebanyakan org2 yg tidak berakal,sehingga manggut2 saja ketika disampaikan dakwah yg bertentengan dengan Al quran dan sunnah?

  35. wuri Handayani

    wuri Handayani

    21 hari yang lalu

    Muwafik itu bukan ustad apalagi kiai dipanggil Gus , dia cuma komedian yg ngomong ngaco,

    • sharifa mohmmed

      sharifa mohmmed

      19 hari yang lalu

      Jaga mulut loo ya hewan ya Kalb ya galba ya jegg ya ente majenun ente pemuja riziq ya..... πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

  36. Kus Nandar

    Kus Nandar

    21 hari yang lalu

    Mui bagian dawah indonesia, yg jadi masalah berdawah tanpa keilmuan di depan masa, sikap MUI harus tegas, supaya tdk terjadi lagi.

  37. Imam Crb

    Imam Crb

    22 hari yang lalu

    Gus Muwafik harus ditangkap Polisi, kareba telah menustakan Agama... !!! Gus muwafi juga pembawa Sesat, patut harus dipenjarakan..!!!

    • Mas Sukardjow

      Mas Sukardjow

      19 hari yang lalu

      Ngising bossq

    • Ari Ari

      Ari Ari

      20 hari yang lalu

      Kamu ini tau apa soal agama, sholat aja kamu gk tau kg ngomong

  38. Eka Pratama

    Eka Pratama

    22 hari yang lalu

    lebih hina mana orang yg mau mengakui kesalahan nya sama orang yg ga mau mengakui kesalahan nya.......?

  39. Bambang Eko

    Bambang Eko

    22 hari yang lalu

    Saya sulit pahami kok bisa nabi dihina atau direndahkan.....kalau bisa gimana caranya??? ......(padahal Charles Hutagalung sudah menjelaskan lewat lagu kisah seorang pramuria apakah di lagu itu wanita bisa terhina???)apalagi rosul sangat mulia dihati.

  40. Ilyas Ilyasa

    Ilyas Ilyasa

    23 hari yang lalu

    Beliau tidak mungkin menghina nabi,lihat yang ngelaporin dulu siapa...????????

  41. Ilyas Ilyasa

    Ilyas Ilyasa

    23 hari yang lalu

    Beliau tidak mungkin menghina nabi..

  42. Gugum Gumelar

    Gugum Gumelar

    23 hari yang lalu

    Tanda Akhir zman mkin bnyk ulma su jdi siapakn bekal iman ...dengn banyk mengaji dan mengkaji tidak hanya berkomentar dan berpendapat tanpa ilmunya,

  43. Andik Jablay

    Andik Jablay

    23 hari yang lalu

    Cholil banci hina Nabi kok dimaafin, dsar pengecut

  44. Siti Zulaika

    Siti Zulaika

    24 hari yang lalu

    Manusia tak lepas dari salah dan dosa... Yang penting sudah menyadari salah ny kenapa harus saling serang sihh kita kan sama sama umat muslim

  45. Fauzan Conk

    Fauzan Conk

    24 hari yang lalu

    lebih menistakan dia yg katanya jelas nasabnya tp chat tidak senonoh!!!

  46. malika Lana

    malika Lana

    25 hari yang lalu

    Sehat2 kyai

  47. Ferri Hanafi

    Ferri Hanafi

    25 hari yang lalu

    Hati2 jangan asal bela krna ini bukan urusan ORMAS TP DAH URUSAN AQIDAH....BISA MURTAD KAMU KALAU BELAIN SI MUNAFIQ ITU

    • Puput Duka

      Puput Duka

      23 hari yang lalu

      hmmm jadi bingung..

  48. Ferri Hanafi

    Ferri Hanafi

    25 hari yang lalu

    KALAU CINTA.ROSUL JGN SAMA KAN DGN SI MUNAFIQ YG GA JELAS NASABNYA ITU......KALAU RASULULLAH JELAS NASABNYA.....D JAGA OLEH ALLAH DRI LAHIRNYA SAMAPAI AJALNYA.... BAHKAN SEBELUM DUNIA INI D CIPTAKAN NUR MUHAMMAD DULU D CIPTAKAN....JELAS D SINI ALLAH MENJAGA MUHAMMAD SAW.....LAH ANDA SIAPA WOOOYYY GUS MUNAFIQ, BRANI2NYA MENCAMPUR2 KETENTUAN2 YG ALLAH TETAPKAN

    • Mas AW

      Mas AW

      24 hari yang lalu

      Setuju, sya jg geram sama Ustad Haikal Hasan yg bilang kalau "ALLAH bingung"... Udah kelewatan bro..

  49. NerdgineerTV

    NerdgineerTV

    25 hari yang lalu

    aneh juga nih kadang kadang kadrun kadrun. dulu pas pemimpinnya kena kasus, bilangnya kriminalisasi ulama. sekarang ngekriminalisasiin yang lain. hhhhh kocak

  50. Zidan Mustaghfirin

    Zidan Mustaghfirin

    25 hari yang lalu

    Menit 7.00

  51. Zidan Mustaghfirin

    Zidan Mustaghfirin

    25 hari yang lalu

    Cerdas ini orangnya

  52. Rahmat Budi

    Rahmat Budi

    26 hari yang lalu

    Bayangin deh bila Nabi masih hidup lalu orang ini ngomong begini di hadapin Nabi... kira2 Nabi akan tersinggung gak..?. Hati2...bedanya apa dulu ada kaum khawarij memprotes Nabi tidak adil padahal Nabi adalah manusia paling adil di muka bumi...sampai Nabi marah dan tersinggung...dan umar pun bangkit akan memenggal lehernya, namun Nabi masih membiarkan dia dan berpesan kelak kalian akan berhadapan dengan orang2 macam ini yang merasa ibadahnya paling bener dan yang lain salah...

    • Ferri Hanafi

      Ferri Hanafi

      25 hari yang lalu

      Belum cukup sanksi utk SI MUNAFIQ INI......

  53. Hadi Hodoonk

    Hadi Hodoonk

    26 hari yang lalu

    Yaaah ..minta maaf doang..dipenjara lah .hukum di NKRI kemana kok gak aktif ..itu menghina nabi woi bukan menghina sesama manusia..waah gak bener

  54. ashari ashari

    ashari ashari

    27 hari yang lalu

    HEBAAAAT MUAFIQ, BEGITU MUDAH MEREMEHKAN NABI MUHAMMAD RASULILLAH.. SEMAKIN RIANGLAH PARA PENDUKUNGNYA

    • mukh idin

      mukh idin

      16 hari yang lalu

      Remeh no pie cokkk Klo gk bisa basa jawa diem aja bro,,,,

  55. amil faidah

    amil faidah

    27 hari yang lalu

    Zaman sekarang kok banyak guuus walaupun agak melenceng

  56. Susan Rahmat

    Susan Rahmat

    27 hari yang lalu

    Ga yakin bakal di proses. Siapapun orangnya walaupun itu ulama kalau sudah menghina Rasul negara wajib memprosesnya tanpa pandang bulu. Umat muslim yang cinta dengan Rasul mestinya tidak perlu membela penghina Rasul

  57. agus cegok

    agus cegok

    27 hari yang lalu

    minta maaf bagus lah kalau merasa bersalah ..hukum tetap berlanjut

  58. Wahyu Setiyawan

    Wahyu Setiyawan

    27 hari yang lalu

    KULO NAMUNG MAKMUM KIYAI (SAYA HANYA SEORANG PENGIKUT)

    • Bayu Crows

      Bayu Crows

      24 hari yang lalu

      ngikut rosul aja , quran dan hadits insyallah baik

  59. Nury Nury

    Nury Nury

    28 hari yang lalu

    Fpi kebakaran jenggottt

  60. big boy

    big boy

    28 hari yang lalu

    Yg terbawa emosi termakan ujaran kebencian Bisa jadi karena terlalu percaya pada hal maya yg blum tentu dasarnya Atau juga yg merasa luas wawasan nya hanya karna banyak baca internet dan nonton konten youtuber Bukan wawasan dari keseharian nyata

Berikutnya