Buka-Bukaan Anggaran: Uang Rakyat Kenapa Harus Dirahasiakan (Part 2) | Mata Najwa

Polemik anggaran tak lazim Pemprov DKI Jakarta bermuara dari anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI William Aditya Sarana yang mengunggah dokumen anggaran ke media sosial. Aksi William menuai banyak kritik hingga berujung pelaporan ke Dewan Kehormatan DPRD.
Terkait cuitan William Aditya Sarana yang memulai polemik anggaran DKI ini, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS Abdurrahman Suhaimi mengatakan bahwa seharusnya jangan mengkritik sebelum dokumen tersebut resmi. Namun menurut Sekjen Seknas FITRA Misbah Hasan, dokumen yang sudah diunggah adalah dokumen publik.
(Narasi)
#AnggaranDKI #MataNajwa #Narasitv
Tonton juga Mata Najwa eps. [Buka-Bukaan Anggaran] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah.
Part 1 - bit.ly/36FSe5V
Part 2 - bit.ly/2NLC7Lx
Part 3 - bit.ly/2NoHAsG
Part 4 - bit.ly/2PQnI3c
Part 5 - bit.ly/2WTF7cP
Part 6 - bit.ly/2JVGZg1
Part 7 - bit.ly/2qrxX3y
Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.
Tonton konten lainnya juga di IDplayer Channel:
- Narasi bit.ly/SubscribeIDplayerNarasi
- Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom
- Narasi Entertainment bit.ly/SubscribeNarasiEntertai...
- Narasi Stories bit.ly/SubscribeNarasiStories
- Narasi Talks bit.ly/SubscribeNarasiTalks
- Narasi Sports bit.ly/SubscribeNarasiSports
Jangan lupa subscribe yaa..
Follow:
najwashihab
NajwaShihab
najwashihabo...

Komentar 

  1. Najwa Shihab

    Najwa Shihab

    6 bulan yang lalu

    Tonton juga Mata Najwa eps. [Buka-Bukaan Anggaran] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah. Part 1 - bit.ly/2rhN6ol Part 2 - bit.ly/2Noo7IE Part 3 - bit.ly/2JXSraO Part 4 - bit.ly/33ykTrT Part 5 - bit.ly/2rkDHfR Part 6 - bit.ly/2WNHmhK Part 7 - bit.ly/33lIcVG

    • Isah Karisah

      Isah Karisah

      5 hari yang lalu

      Ini baru kita tau mana wakil kita yg cerdas dan kritis peduli uang rakyat dengan mana yg tidak.bru tau wakil kita ada yg seperti... Yg tanpa rambut๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • running pisser

      running pisser

      16 hari yang lalu

      @Andry Wiranata org sengaja nga mau masukin sampe jatuh tempo masih belum selesai eBudgetingnya. Trus nyalahin systemnya/eBudgetingnya. Sama dg jaman sebelum banjir sampe banjir berjilid 2x terlewati masih bahas normalisasi dg naturalisasi, ujung ujungnya jalan ditempat, atau jalan melingkar lingkar. Either normalisasi maupun naturalisasi 2-2 nya nga dikerjain, lahannya suruh bebasin juga nga dikerjakan. Tguppnya dibayar buat apa? Hasil kerjanya apa?

    • jaffroi

      jaffroi

      4 bulan yang lalu

      Pak. Ahok selalu mencari solusi untuk membrantas para koruptor yg menjarah atau mengkuras uang negara secara berjamaah, patut. acung jempol untuk pemikirannya E-bugeting sangat mantap kalo ada yg kurang tolong disempurnakan karna rakyat membutuhkan transparansi

    • Lestari Soenarko

      Lestari Soenarko

      4 bulan yang lalu

      Dpr n dprd,orang2nya hampir semua garus diganti.pikirannya orde lama.partai PSI yg harus dicontohi.yg lain diotaknya hanya duit2.apa utk.saya?kerhanya kosong.juga artis2 yg hanya jadi pajangan.harus ditendang saja.mereka dibayar oleh uang rakyat.masa malah mau merampok uang rakyat.cova pikir.

    • joni iskandar iskandar

      joni iskandar iskandar

      4 bulan yang lalu

      Rindu pak ahok jujur cerdas kerja nyata demi rakyatnya semoga pak ahok jdi presiden indonesia makin makmur sejaterah rakyatnya bahagianya buat anak cucu

  2. G'papri Buton Raya

    G'papri Buton Raya

    5 hari yang lalu

    Yang Dari PKS juga ini... Lain kali kalau membela itu yang benar kalau nda benar nda di bela belah deh..!! Sebagai perwakilan rakyat itu jangan seperti ini dong..... Ngaco ni orang..!!! Pulang pulang...... Pantas negara ini banyak utang.. soal keuangan orang orang ini yang kelola..!!

  3. Farel Arifin

    Farel Arifin

    6 hari yang lalu

    Dak usah bahas kata seiman, bikin malu-maluin. Klo benar2 Abas salah biar Alloh yg akan menunjukkan pada kita semua. Amiiiiiin

  4. ORANG WARAS INDONESIA

    ORANG WARAS INDONESIA

    7 hari yang lalu

    Dul gundul..... ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

  5. ORANG WARAS INDONESIA

    ORANG WARAS INDONESIA

    7 hari yang lalu

    GROMBOLAN KANAN..... NGOMONG APA SIH .....๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

  6. Zola Siburian

    Zola Siburian

    14 hari yang lalu

    Memang luar biasa ,bener2 luar biasa ini Anies ,,aduh. . . . Anggaran segitu besar

  7. Ahmat Aryanto

    Ahmat Aryanto

    20 hari yang lalu

    Makan tuh pemimpin seiman

  8. muhammad adhim

    muhammad adhim

    28 hari yang lalu

    Pantas dipecat, manisnya cuma dikata kata๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Makan tu seimann๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  9. Arisman Surono

    Arisman Surono

    29 hari yang lalu

    Klu sy lihat bingung ngelesnya jdi ngomong nya glagepan he he anak2 muda skarang pinter2 broo

  10. Kent Noviand

    Kent Noviand

    Bulan Yang lalu

    Ga apa kita warga mati klaparan yg penting seiman yg korupsi

  11. Pak Masrur

    Pak Masrur

    Bulan Yang lalu

    Pinter bngt klo ngmongny Anis.....tp suka ngumpet2

  12. Ahmad Sumarno

    Ahmad Sumarno

    Bulan Yang lalu

    berantas habisi ketidakjelasan penggunaan anggaran....

  13. Mangasi Marpaung

    Mangasi Marpaung

    Bulan Yang lalu

    Proses dan pruduk proses hrs di kritisi, maka sangatlah sesat kalau proses tdk bs di kritisi.

  14. Hary Hary

    Hary Hary

    Bulan Yang lalu

    Turunlah KPK itu lbih baik

  15. Hary Hary

    Hary Hary

    Bulan Yang lalu

    Teori Anis Baswedan mengutarakan kebohongan semata

  16. Hary Hary

    Hary Hary

    Bulan Yang lalu

    Paling bgus turunkan kpk

  17. CALON MAJU

    CALON MAJU

    Bulan Yang lalu

    Undang pak Anies dan pak Ahok dong Kakak Najwa.. masalah anggaran DKI ..seru kayak nya.. kalau Anies ketemu Ahok..yg setuju like dong...

  18. erry joentak

    erry joentak

    2 bulan yang lalu

    Smg ttp diutus

  19. vebbyola Nainggolan

    vebbyola Nainggolan

    2 bulan yang lalu

    Saya mencium aroma" niat korup disini๐Ÿ˜…

  20. Wahyudi Yudi

    Wahyudi Yudi

    2 bulan yang lalu

    Pengen ketawaaaaaaaaa

  21. Kieki Die

    Kieki Die

    2 bulan yang lalu

    "Mba Najwa..Kalo bisa lebih tajam lagi dunk kasih pertanyaan'a..Sampai mereka membongkar sendiri aib'a kalo ternyata gak bisa bekerja.(Ketu TGUPP, Pak Suhaimi dan Pak Taufik..)..Sedikit colek Mba Najwa aah..Ternyata pindah tv chanel itu sedikit terbuka yah..Editor'a kasih clue di kilasan sejenak..Baru nyadar saya..Muehehehe..๐Ÿ˜…"

  22. Lukman Hakim

    Lukman Hakim

    2 bulan yang lalu

    Si anis pinter ngomong mundur secara hormat Saja nis dri pada di pecat lg

  23. Ponimin Sako

    Ponimin Sako

    2 bulan yang lalu

    Hasil koropsi anis buat menyalonkan persuden th 2024.

  24. Frans Frans

    Frans Frans

    2 bulan yang lalu

    Ha ha ha Anies begitu ngeliat duit langsung dah,....ijo matanye?..ha ha ha.....

  25. YABEL PANJI

    YABEL PANJI

    2 bulan yang lalu

    Kan pasti ada yang botak pendukungnya aibon ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜†

  26. George Dauhan

    George Dauhan

    2 bulan yang lalu

    Tuhan Sedang MemperMalukan anis Arab ke Orang Indonesia he he he....

  27. Darmini Nasa

    Darmini Nasa

    2 bulan yang lalu

    Bisanya nyalahin orang

  28. alvaro gavriel

    alvaro gavriel

    2 bulan yang lalu

    Anggaran DKI bukan asal jadi tapi disengaja dengan harapan mudah-mudahan tidak kedapatan maka selamatlah anggaran itu apa lagi anggarannya jumlahnya ditentukan dulu baru tentukan pos mata anggarannya jadi kalau sudah kehabisan mata anggaran dibuatlah mata anggaran yang asal asalan

  29. Ferry Arnoldus

    Ferry Arnoldus

    2 bulan yang lalu

    Gubernur DKI selalu menyalahkan bawahannya. Sementara APBD merupakan tanggung jawab gubernur..

  30. Heru Susanto

    Heru Susanto

    2 bulan yang lalu

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ bukan kemalasan tapi niat untuk korupsinya

  31. Kasban Luckys

    Kasban Luckys

    2 bulan yang lalu

    Kinder garden teacher๐Ÿ’ฉ

  32. Aries Alipiyanto

    Aries Alipiyanto

    2 bulan yang lalu

    Bancakan korupsi DKI jakarta sedang terjadi

  33. Mursali Sali

    Mursali Sali

    2 bulan yang lalu

    Malu ...klo mang gak bisa menjawab ...jngan di buat anggaran ....klo gtu .....tetep lo ....ranggung jawab ama tuhan ....make duit rakyat sembarngan ...

  34. UMBUL NOGO NOGO

    UMBUL NOGO NOGO

    2 bulan yang lalu

    Nikmatti aja rakyat jakarta yg penting klu mati maaih ada yg menyolatkan

  35. Rombongan janda liar

    Rombongan janda liar

    2 bulan yang lalu

    BIAR BISA DITILEP !!!

  36. Rombongan janda liar

    Rombongan janda liar

    2 bulan yang lalu

    TONG KOSONG NYARING BUNYINYA !!! SINOB !!!

  37. Febuari Januari

    Febuari Januari

    2 bulan yang lalu

    Anies bongkar2an uang rakyat klu trlalu jujur repot juga soal menggaji. Tgupp yg 70 org itukan bukan pns tentu aja dr apbd uangnya

  38. Imam Kardiono

    Imam Kardiono

    2 bulan yang lalu

    Tipu" anggaran apbd

  39. Imam Kardiono

    Imam Kardiono

    2 bulan yang lalu

    Jago ngeles doang

  40. Emy Supriyanti

    Emy Supriyanti

    2 bulan yang lalu

    lah udahan aja kau anis mau nyolong ketahuan ,emang enak.

  41. Alas Maliky

    Alas Maliky

    3 bulan yang lalu

    Orang2 yg makan duit rakyat ini tdr nya nyenyak aja ka? Apa hati nya tenang? Apa pikirannya nyaman? Apa g mkir nanti akhir di jaman smw di minta pertanggung jawaban

  42. Ari Anpag

    Ari Anpag

    3 bulan yang lalu

    Anis Knpa nggak bikin anggaran lg Bikin tembok ratapan buat warga dki Yg bntar lg mau kelelebbbbb

  43. Igst putu Surya kencana

    Igst putu Surya kencana

    3 bulan yang lalu

    Dasar sontoloyo,, gmn mau mengkritisi klau udah disah...kan! Mikir" pkai otak jngan pkai pantat

  44. nelma nelma

    nelma nelma

    3 bulan yang lalu

    Muter mutet bung maling yah tetep aja maling grgrgrr๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ 

  45. Samosir Samosir

    Samosir Samosir

    3 bulan yang lalu

    ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ uang rakyat di rahasiakan supaya gampang di korupsi oleh kelompok Kadrun jahanam untunglah ada manusia seperti Abang Ade Armando yg urat takutnya sudah putus (Sang pemberani Sejati tanpa tandingan) ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ’ช

  46. Jun Kel

    Jun Kel

    3 bulan yang lalu

    Penjelasan yg bener" GILAAA

  47. Jun Kel

    Jun Kel

    3 bulan yang lalu

    Wkwkwk Orang rapat ko ngomongnya ky ke anak tk.. gimana akan ada kejujuran kalau mengatasi masalahnya ky gto??? Ntar yg dengerin palah tiduran lg..

  48. Djoko Santoso

    Djoko Santoso

    3 bulan yang lalu

    wahai para pendukung anis , tuh anggota DPRD etnis tionghoa yg kamu benci ternyata yg berani dan jujur membela uang rakyat .

  49. Dede Setiawan

    Dede Setiawan

    3 bulan yang lalu

    Elu yg jelasin bukan gua yg jelasin Hahahahaha pintar bicaranya

  50. mama muda

    mama muda

    3 bulan yang lalu

    GUBERNUR TERBODOH wkwkwk

  51. Edie Sera3

    Edie Sera3

    3 bulan yang lalu

    Anggaran Di Desa yg cuman Ratusan Juta Aja Harus Transfaran,,,lah ko yg Triliunan harus sembunyi2,,,!!!!

  52. Cani Kalamur

    Cani Kalamur

    3 bulan yang lalu

    Manisnya kata2 kerjanya ahhahhahhaha

  53. Papen James

    Papen James

    3 bulan yang lalu

    Yang nonton 2020 mana jempolnya??

  54. ayank yani

    ayank yani

    3 bulan yang lalu

    Yanh benar tetap benar, yang salah tetap salah...terbukalah.

  55. Hidayat Sugiono

    Hidayat Sugiono

    3 bulan yang lalu

    Pak suheimi... Ckckck... Anda gimana sih.. ?! Kenapa di upload publik Klo Belum resmi..

  56. rifki Sabrianshah

    rifki Sabrianshah

    3 bulan yang lalu

    Gua kaga bisa bayangkan berapa banyak bulpoin kalau bahasa pulpen beli milyaran..gilaaaa

  57. Arisman Surono

    Arisman Surono

    3 bulan yang lalu

    Nah ketahuan baru ngeles pura2 jujur klu gak yร  lewat asyik he he he he go apa yg penting seiman bro ingat klu makan duit Haram bisa truk broo ingat itu

  58. Thoriq Zakaria

    Thoriq Zakaria

    3 bulan yang lalu

    Hadeh pokoknya bau2 korupsi.

  59. Come To me

    Come To me

    3 bulan yang lalu

    Right man in right place.. bersiap untuk kehancuran untuk bukan orang yang ahli di bidangnya.. intinya apbd ga transparan artinya malingggggggg

  60. Ar Ohm

    Ar Ohm

    3 bulan yang lalu

    Ya gini lah kalau salah pilih๐Ÿ˜”pemprov,manis ucapannya jago buat narasi kita bukan butuh omongan kita cuma butuh kinerja dan bukti kerja,

  61. Iwan Saputra

    Iwan Saputra

    3 bulan yang lalu

    Pokoknya hanya Hakim munkar&nakir yg akan menghakimi dgn pasti tanpa ada pembelaan Dari siapapun

  62. Apung Djaya

    Apung Djaya

    3 bulan yang lalu

    Wan aibon ..maling teriak maling ....

  63. Yopy Alex

    Yopy Alex

    3 bulan yang lalu

    Mulutx anies memang pandai bersilat lidah dasar kampreeet

  64. Morisson War

    Morisson War

    3 bulan yang lalu

    Bagaimana kalau rakyat yg menjadi audit ?

  65. I am Portrait

    I am Portrait

    3 bulan yang lalu

    Huekk hhuuuwwweeekkkkkk

  66. egi nurhadi

    egi nurhadi

    3 bulan yang lalu

    Semangat buat ngeles heheheh

  67. Shigo Daliman

    Shigo Daliman

    3 bulan yang lalu

    Anggaran baik APBD maupun APBN TIDAK BOLEH FULGAR SEKALI karena itu merupakan dokumen rahasia NEGARA atau rahasia PEMDA yg membocorkan sebaiknya dilaporkan saja kpd yg berwajib.

  68. Muhammad Saleh

    Muhammad Saleh

    3 bulan yang lalu

    Anis edan klo ngomong ga juntrung mlintir2 mcm peli bebek

  69. sulistiono dL sulistiono

    sulistiono dL sulistiono

    3 bulan yang lalu

    uang dana DKI baru buat kroyokan. buat foya foya pejabat. ingat cmua itu uang rakyat yg harus dipertanggung jawabkan kemudian kelak

  70. Kengherawan Herawan

    Kengherawan Herawan

    4 bulan yang lalu

    Maju kotanya bahagia rakyat nya..wkwkwkwk..

  71. Linna Darwati

    Linna Darwati

    4 bulan yang lalu

    Muak liatnya,maling2 keren

  72. Abdul rohim

    Abdul rohim

    4 bulan yang lalu

    Barang2 gak guna apa2 milyaran triliunan ,udah gak ada juta atau pun ratus kah .. ANEH BANGET .

  73. Zidan Zidan

    Zidan Zidan

    4 bulan yang lalu

    klw mau bikin data anggaran blak2an aja donk,byar rakyat tau semua duit masuk RW brp,masuk RT brp rakyat juga maklumi klaw model kyk gitu yg penting jelas dan gak berlebihan...

  74. Zidan Zidan

    Zidan Zidan

    4 bulan yang lalu

    wah itu jelas ada penyimpangan,kenapa diurus setelah rakyat mulai mempertanyakan,???๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ

  75. Multiverse

    Multiverse

    4 bulan yang lalu

    Kwkwkwkwkwkw ketauan korupnye ye? NGELES AJA SI JENGGOT

  76. Henderikus Haranbayau

    Henderikus Haranbayau

    4 bulan yang lalu

    Dari dialok ini bisa di lihat dan tercium biang keroknya bah...hayo anak muda PK.wilim maju terus bukan JKT saja di belakamu tetapi seluruh warga di Indonesia.

  77. Halit ergec

    Halit ergec

    4 bulan yang lalu

    sya sebagai rakyat awam aja bisa melihat ada sesuatu, jgnkan se level gubernur wong nyalon lurah aja pake duit milyaran ya itu sdh jadi budaya , ya mereka juga cari duit lah buat balikin modalnya. apalagi di level yg atas. menurut saya selama tidak ada HUKUM MATI bagi para koruptor tidak akan bisa sejahtera indonesia negaraku ini. coba aja klo ada pemimpin yg mulutnya sendiri dia berkata SEDIAKAN PETI MATI BUAT SAYA JIKA SAYA MELAKUKAN KORUPSI. saya gak akan mikir 2x nyoblos pemimpin seperti itu.

  78. Enexs Firdaus

    Enexs Firdaus

    4 bulan yang lalu

    Biasalah, yang jujur tersingkir, yg munafik di belakang mati2an

  79. AI A

    AI A

    4 bulan yang lalu

    Kalau mempersiapkan diri untuk 2024, prioritas pasti membentuk pundi pundi. Penanganan banjir cuma satu pos anggaran yg tidak bisa disisihkan untuk pundi pundi tsb krn cuma ganti rugi. Lainnya adalah subsidi dan maintenance. Yg bisa disisihkan hanya dari belanja - pembelian dan hibah. APBD DKI 2018, 2019, 2020 disebutkan defisit. KOQ BISA? Karena Pengeluarannya yg Bengkak dari 65T (APBD 2017) atau Pendapatannya yg berkurang dari APBD tahun 2017?? Pernyataan Defisit bisa cuma taktik internal. Pertumbuhan ekonomi global dan nasional turun, masa penerimaan dki bisa naik ? DPRD setajam apa kerjanya?

  80. Wahyu Oh_yes

    Wahyu Oh_yes

    4 bulan yang lalu

    William. Usia bru 23.tpi cerdaasss

Berikutnya